Dukungan Operator Seluler untuk Pelajar di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Andina Librianty pada 28 Jul 2020, 16:56 WIB
Diperbarui 28 Jul 2020, 16:56 WIB
Belajar online
Perbesar
Ilustrasi belajar online. Dok: Kelas Pintar

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam kehidupan, termasuk proses belajar. Kondisi ini memaksa para pelajar untuk belajar dari rumah, mengingat pemerintah masih membatasi aktivitas di luar rumah termasuk di sekolah.

Kegiatan belajar yang dilakukan dari rumah membuat kebutuhkan akses internet semakin meningkat. Hal ini disebabkan sekolah-sekolah di Tanah Air menerapkan kelas online, sehingga para pelajar tetap bisa belajar dari rumahnya masing-masing.

Sejak awal pandemi, operator seluler bergerak proaktif untuk mendukung aktivitas masyakarakat di tengah pandemi. Berbagai program pendukung diluncurkan, khusus paket internet yang secara khusus menyasar pasar pelajar.

Telkomsel dan XL Axiata, misalnya, termasuk operator seluler yang membantu pelajar beradaptasi dalam mengikuti pelajaran secara online dari rumah. Beberapa paket pendukung pun diluncurkan.

"Sejak awal pandemi melanda Indonesia, Telkomsel proaktif mengambil peran dalam upaya gotong royong dan solidaritas untuk terus bergerak maju bersama semua elemen masyarakat di tengah-tengah situasi darurat Covid-19, termasuk dalam membantu pelajar beradaptasi dalam melakukan belajar daring secara mandiri dari rumah," ungkap General Manager External Corporate Communications, Aldin Hasyim, kepada tim Tekno Liputan6.com, Selasa (28/7/2020).

Hal senada pun diungkapkan pihak XL Axiata. "Selama pandemi, XL Axiata telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar secara daring," tutur Head of External Communication, XL Axiata Henry Wijayanto.

2 dari 3 halaman

Telkomsel dan XL Axiata

Belajar Online. Dok: Kelas Pintar
Perbesar
Ilustrasi belajar online. Dok: Kelas Pintar

Telkomsel sejak 16 Maret-31 Mei menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia. Melalui paket tersebut, pelanggan mendapatkan 30GB seharga Rp 0 yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online dan e-learning kampus yang telah bekerjasama dengan ilmupedia.

Baru-baru ini, Telkomsel kembali menghadirkan inisiatif baru untuk mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh, terutama memasuki masa Tahun Ajaran baru 2020/2021, dengan meluncurkan Paket ilmupedia E-Learning Session.

Paket ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari varian Paket Ilmupedia yang sebelumnya telah tersedia sejak Maret hingga Mei 2020. Melalui paket baru ini, Telkomsel memperluas manfaat dari paket Ilmupedia dengan menyediakan akses ke lebih banyak platform.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan paket conference, dapat diaktifkan untuk mengakses aplikasi video conference yang berguna untuk keperluan belajar online, seperti cloudX, Webex, Microsoft Teams, dan Umeetme.

XL Axiata juga telah merilis sejumlah program untuk mendukung kegiatan pelajar untuk belajar dari rumah. Salah satunya adalah gratis kuota data 2GB/hari sejak pertengahan Maret hingga Juni 2020. Kuota gratis ini bisa dipakai untuk mengakses ke berbagai aplikasi pendukung belajar. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup mencakup kelas pintar, sekolah.mu, rumah balajar, Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk para pelajar atau mahasiswa.

Selain itu juga ada paket "Xtra Edukasi". Paket dibanderol Rp 2.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, Rp 4.000 untuk 5GB masa 3 hari, dan Rp 10.000 untuk 15GB masa 7 hari.

Pelanggan bisa memanfaatkannya paket tersebut untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah, yaitu untuk mengakses lima aplikasi yang paling banyak dibutuhkan. Kelima aplikasi tersebut adalah Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Bagi mahasiswa bisa untuk akses tautan kuliah online dari kampus-kampusnya. Total 39 universitas yang bekerjasama dengan XL Axiata untuk program ini.

3 dari 3 halaman

Program Lain

Selain menghadirkan paket layanan telekomunikasi, Telkomsel juga mengantisipasi lonjakan trafik broadband dengan mempersiapkan jaringannya.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Telkomsel meliputi pembangunan 11.000 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G, pemusatan penguatan jaringan di area residensial, hingga menambah kapasitas gateway internet menjadi 6,100 Gbps (6 Tbps) untuk menjamin kelancaran akses data internet sepanjang waktu.

Telkomsel secara intensif juga terus melakukan pemantauan atas pergerakan trafik komunikasi pelanggan, terutama layanan data selama darurat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

XL Axiata pun turut menghadirkan program pendukung lain di luar paket internet untuk pelajar dan mahasiswa.

"Kami juga memberikan dukungan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan dengan menghadirkan beberapa program yang dapat dimanfaatkan secara gratis," kata Henry.

Pelajar dan mahasiswa diberikan kemudahan untuk mengakses layanan edukasi E-LEARN di alamat elearn.id. E-Learn yang eksis sejak 2014 merupakan salah satu karya XL Axiata, bagian dari program XL Future Leaders.

Metode pembelajaran yang digunakan di E-Learn adalah blended learning system antara video interaktif dan juga teks bacaan.

Selain itu, XL Axiata juga masih terus menjalankan program Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk mendukung aktivitas kegiatan belajar-mengajar untuk tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah. Pada program ini setiap sekolah mendapatkan perangkat WiFi dan akses internet gratis dengan kuota 20GB setiap bulan selama 1 tahun.

XL Axiata telah bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenag RI dalam pendistribusian ke masing-masing sekolah untuk program tersebut.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓