Sama-Sama Entry Level, Realme C15 Diyakini Tak Makan Pasar C11

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 28 Jul 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2020, 16:00 WIB
Realme C15
Perbesar
Realme C15 varian warna Seagull Silver dan Marine Blue (Foto: Realme Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Realme resmi merilis entry level smartphone terbarunya, yakni Realme C15. Perangkat seri C Realme merupakan smartphone kelas entry level dengan harga terjangkau, yakni Rp 2 jutaan.

Perilisan Realme C15 hari ini dilakukan kurang dari 30 hari setelah vendor Tiongkok memperkenalkan Realme C11 pada Juni lalu. Lantas apakah keduanya tidak jadi kanibal bagi satu sama lain?

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, menyakini, kedua smartphone yakni Realme C11 dan C15 tidak akan menjadi pesaing atau kanibal bagi satu sama lain. Pasalnya, keduanya menyasar pengguna di segmen yang berbeda meski sama-sama entry level.

"Realme C15 tidak akan memakan pasar dari Realme C11 karena segmen harganya beda. Realme C11 dijual Rp 1 jutaan dan Realme C15 dijual di harga Rp 2 jutaan," kata Palson, dalam sesi Zoom meeting bersama media, usai peluncuran Realme C15, Selasa (28/7/2020).

Palson lebih lanjut mengatakan, Realme C15 hadir untuk konsumen yang membutuhkan perangkat dengan baterai yang besar. Fitur yang diusungnya juga lebih lengkap ketimbang Realme C11. Misalnya dari segi kamera, layar, serta dukungan fast charging untuk mengisi daya cepat.

Segmen konsumen yang dibidik Realme C15 antara lain adalah pelajar yang butuh perangkat untuk mendukung pembelajaran jarak jauh serta orang-orang yang bekerja dengan mobilitas tinggi sehingga butuh smartphone yang punya baterai besar.

Sementara, saat memperkenalkan Realme C11 bulan lalu, Palson menyebut, Realme C11 hadir untuk pengguna yang baru berpindah dari feature phone ke smartphone. Selain itu, untuk mereka yang mau berganti smartphone lawas ke perangkat entry level dengan fitur dan desan terkini.

Palson pun percaya, baik Realme C15 maupun Realme C11 memiliki pasar masing-masing. Keduanya menjadi opsi bagi konsumen yang membutuhkan perangkat terbaik di kelas entry level.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hentikan Produksi Realme 5i

Realme 5i
Perbesar
Realme 5i. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Realme C15 bisa dibilang merupakan smartphone Realme yang harganya mirip dengan Realme 5i yang dirilis sekitar enam bulan lalu. Harganya mirip, yakni Rp 2 jutaan.

Dengan kehadiran Realme C15 ini, apakah kemudian Realme akan menghentikan penjualan dari Realme 5i?

Palson mengatakan, saat ini Realme 5i masih ada stoknya di pasaran, terutama di toko offline atau channel penjualan distributor.

"Karena stoknya masih ada, kami akan menjual (Realme 5i hingga stoknya habis)," kata Palson.

Nantinya, saat stok Realme 5i habis di pasaran, Palson memastikan Realme 5i tidak akan diproduksi lagi karena Realme akan meng-update perangkatnya dengan inovasi lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Realme C3

Realme
Perbesar
Tampilan Realme C3 yang baru meluncur (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Palson juga sempat mendapat pertanyaan tentang Realme C3 dan kemungkinan untuk penghentian produksinya. Alih-alih memberikan jawaban soal penghentian produksi Realme C3, Palson mengatakan, Realme terus meng-update seri Realme seri C dalam satu tahun terakhir.

Realme, kata Palson, juga merilis seri baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan inovasi smartphone dengan kehadiran Realme Narzo beberapa bulan lalu.

"Pada paruh kedua tahun ini, hanya masalah waktu mengenai kapan kami hadirkan update untuk tiap lini. Sejauh ini Realme C3 juga masih jadi salah satu dari (produk) best seller kami," tuturnya.

(Tin/Ysl)

 

 

Lanjutkan Membaca ↓