Sukses

Line Rilis Fitur OA Call untuk Dukung Dunia Usaha di Masa Pandemi

Line kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan fitur untuk Line Official Account, yakni OA Call.

Liputan6.com, Jakarta - Line kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan fitur untuk Line Official Account, yakni OA Call. Fitur OA Call memungkinkan pelaku bisnis untuk membuka layanan panggilan Line gratis, baik melalui panggilan suara maupun panggilan video.

Penguna aplikasi Line yang juga menjadi pelanggan suatu merek bisnis tertentu pun kini dapat membuat panggilan langsung ke Line Official Account.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, dunia usaha menjadi salah satu sektor yang terkena dampak berat. Oleh karena itu, kami akan selalu berupaya untuk memberikan dukungan bagi sektor dunia usaha agar bisnis mereka bisa tetap berjalan melalui ragam inovasi di dalam aplikasi Line," kata Sales Director Line Indonesia, Trisnia Anchali Kardia, dalam keterangan resminya.

"Salah satunya melalui Line Official Account hadir dengan fitur baru OA Call, yang dapat menghubungkan pebisnis dengan pelanggan mereka secara langsung dan gratis, baik melalui panggilan suara maupun video," tutur Trisnia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Line Call untuk Official Account​ ​

Pelaku dunia usaha yang telah memiliki Official Account di Line perlu melakukan pengaturan sederhana agar pelanggan dapat melakukan panggilan. Cara untuk mengaktifkan fitur OA Call juga sangat mudah. Anda dapat melakukan pengaturan melalui aplikasi Line Official Account atau halaman web Official Account (manager.line.biz) dengan cara berikut:

Melalui aplikasi Line Official Account:

​- ​​Buka pengaturan obrolan di Tab "Obrolan".

​​​- Klik tab "Telepon" dari menu pengaturan obrolan.

​​​- Aktifkan button "Panggilan Suara" untuk mengaktifkan fitur LINE Call. Anda juga dapat menyalakan "Panggilan Video" bila perlu.

​​​- Meskipun telah mengaktifkan fitur panggilan video, pengguna nantinya akan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur video atau tidak ketika melakukan panggilan.

Melalui halaman web Line Official Account (manager.line.biz):

​- ​​Buka pengaturan obrolan di menu "Obrolan".

​- Klik tab "Pengaturan Obrolan" (a) lalu pilih tab "Telepon"(b) dari menu pengaturan obrolan.

​- Pada pengaturan "Panggilan Suara", pilih "Nyalakan" untuk mengaktifkan fitur Line Call. Anda juga dapat menyalakan "Panggilan Video" bila perlu.

- Meskipun telah mengaktifkan fitur panggilan Video, pengguna nantinya akan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur video atau tidak ketika melakukan panggilan.

​Selain itu, pebisnis juga memiliki pilihan untuk membuka OA Call setiap saat atau hanya pada saat-saat tertentu. Melalui pilihan ini, pelaku bisnis bisa menyesuaikan OA Call dengan jam kerja atau usaha mereka.

​"Dunia usaha dapat memanfaatkan Line Official Account tidak hanya sebagai pendukung agar usaha mereka bisa tetap berjalan, tetapi juga menjadi sarana untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan terlebih di masa pandemi Covid-19 di mana kita masih harus menjaga jarak," tutur Trisnia.

3 dari 3 halaman

Line Official Account

Line Official Account merupakan bagian dari layanan Line for Business yang sudah hadir sejak 2012 lalu. Layanan ini menghubungkan bisnis dengan pelanggan baik secara online maupun offline.

Di Indonesia, lebih dari 2,9 juta Line Official Account sudah hadir, mulai dari bisnis besar bertaraf internasional hingga Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu, fitur OA Call ini dinilai akan dapat menghubungkan banyak pebisnis dan pelanggan, serta dapat meminimalisir kontak langsung di masa pandemi Covid-19.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini