Sukses

Cara Menyalin Tabel dari Halaman Web Menggunakan Google Sheet

Sebagai contoh, kami menarik data tabel berjudul "Kasus COVID-19 di Indonesia" dari halaman Wikipedia bertajuk "Pandemi COVID-19 di Indonesia" ,

Liputan6.com, Jakarta - Di Internet tersedia banyak data yang mungkin kamu perlukan untuk banyak tujuan mulai dari mengerjakan tugas hingga menulis laporan.

Format datanya bervariasi, tergantung pada sumber yang kamu temukan. Ada yang sudah berbentuk data siap pakai dalam format XLS atau CSV, misalnya, tetapi ada pula yang kadang berupa tabel yang disematkan pada halaman web.

Untuk tipe data kedua, ada satu trik yang dapat kamu coba menggunakan Google Sheet. Layanan online spreadsheet dari Google itu memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk menarik data dari halaman web dengan cepat dan rapi dengan fungsi import HTML.

Sebagai contoh, kami akan menarik data tabel dari halaman Wikipedia bertajuk "Pandemi COVID-19 di Indonesia" yang diakses dari tautan https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia. Halaman tersebut memuat banyak informasi dan salah satunya tabel berjudul "Kasus COVID-19 di Indonesia".

Untuk menarik data tabel tersebut menggunakan Google Sheet, kamu cukup menuliskan fungsi dengan format berikut ini:

=IMPORTHTML("URL", "QUERY", Index)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Fungsi

Ganti "URL" dengan tautan https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia

Ganti "QUERY" dengan "Table"

Ganti indeks dengan angka. Di sini agak tricky karena kamu mesti cari tahu, tabel yang hendak disalin, ada di urutan ke berapa di halaman web tersebut.

Jika ada di urutan kesepuluh, misalnya, maka kamu tulis angka "9" karena nilai Index pada fungsi tersebut tidak dimulai dari 1, melainkan 0.

Setelah beberapa kali mengisikan angka untuk Index, akhirnya kami dapati bahwa tabel yang hendak kami salin dapat ditarik dengan nilai Index "10".

3 dari 3 halaman

Fungsi Lengkap

Dengan demikian, fungsi lengkap untuk menarik data tabel berjudul "Kasus COVID-19 di Indonesia" dari halaman Wikipedia yang bertajuk "Pandemi COVID-19 di Indonesia" adalah sebagai berikut:

=IMPORTHTML("https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia", "Table", 10)

Tidak perlu menunggu lama, Google Sheet otomatis akan menarik data tersebut dan hasilnya tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Menyalin Tabel dari Halaman Web Menggunakan Google Sheet. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selanjutnya kamu dapat menyimpan data tersebut ke format XLSX, ODS, PDF, HTML, CSV, atau TSV lewat menu File => Download. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini