Sukses

Fitur Baru di PUBG Mobile Akan Batasi Waktu Main Gim Maksimal 6 Jam

PUBG Mobile, akhirnya resmi memperkenalkan fitur terbaru mereka yaitu Healthy Gameplay System untuk gamer setianya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui masa uji coba di India sejak Maret 2020, PUBG Mobile, akhirnya resmi memperkenalkan fitur terbaru mereka yaitu Healthy Gameplay System.

Apa itu fitur Healthy Gameplay System? Ini merupakan notifikasi yang muncul berisikan pesan peringatan terkait lamanya waktu bermain gim PUBG Mobile.

Tak hanya itu, notifikasi tersebut juga merupakan sebuah peringatan kesehatan (health reminder) agar para pemain dapat istirahat yang cukup, serta tidak berlebihan dalam menghabiskan waktu ketika bermain PUBG Mobile.

“Kami memperkenalkan sistem gameplay yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan gim yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur,” ungkap Head of PUBG Mobile Esports Asia Tenggara, Gaga Lie, dalam keterangan resminya, Selasa (21/7/2020).

Fitur notifikasi tentang kesehatan dan waktu maksimal bermain gim PUBG Mobile akhirnya resmi muncul di Indonesia. (Doc: PUBG Mobile)

Pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di smartphone, fitur ini akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain dibawah 18 tahun.

Player harus menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain gim yang sehat, dan akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengkonfirmasi bahwa ia telah mengerti apa yang telah dibacanya.

Dijelaskan lebih lanjut, fitur Healthy Gameplay System di PUBG Mobile ini akan bekerja dalam 2 sistem pengingat waktu yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Sistem di PUBG Mobile

PUBG Mobile resmi sambangi iOS dan Android di dunia. Liputan6.com/ Yuslianson

Cara kerja yang pertama, apabila pemain telah bermain selama total 4 (empat) jam dalam sehari, maka pemain yang berusia diatas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya.

Namun apabila pemain berusia dibawah 18 tahun, maka notifikasi akan muncul selama 5 detik dan mendorong pemain untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke permainan berikutnya.

Bagi pemain yang masih ingin melanjutkan permainan, dapat menutup notifikasi tersebut dan notifikasi akan kembali muncul dalam 1 jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Main Selama 6 Jam

Memainkan PUBG Mobile di Huawei Nova 3i (Foto: screenshot)

Bila pemain telah bermain selama total 6 (enam) jam dalam sehari, untuk pemain yang berusia diatas 18 tahun atau lebih akan mendapat notifikasi selama 5 detik, yang mengingatkan pemain untuk mengambil waktu istirahat.

Namun, apabila ia masih mampu bermain, maka ia dapat menutup notifikasi tersebut dan terus bermain. Notifikasi akan kembali muncul dalam 2 jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

Untuk pemain berusia di bawah 18 tahun, notifikasi akan muncul setiap dua jam mulai dari jam keenam dan seterusnya.

Nantinya sistem akan meminta pemain untuk beristirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan untuk bermain lagi.

Apabila pemain  masuk lagi dalam waktu kurang dari lima belas menit sejak notifikasi peringatan diberikan,  maka pemain tidak dapat bergabung dalam permainan dan harus  menunggu hingga lima belas menit tersebut usai.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini