Sukses

Telkomsel Rilis Paket Internet Murah untuk Dukung Belajar 4.760 Perguruan Tinggi

Telkomsel mengumumkan kolaborasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud RI) untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau bagi perguruan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mendukung pembelajaran digital di berbagai tingkat pendidikan, guna adaptasi terhadap kenormalan baru.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan mengumumkan kolaborasi antara Telkomsel Enterprise dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud RI) untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau bagi perguruan tinggi.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan secara virtual melalui CloudX pada Jumat, 17 Juli 2020.

SVP Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir, mengatakan pihaknya menyambut kolaborasi dengan Dirjen Dikti.

Telkomsel sendiri sebelumnya sudah menjalankan program Bantuan Kuota Terjangkau untuk berbagai tingkatan institusi pendidikan islam di seluruh Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kementerian Agama.

"Perluasan inisiatif ini diharapkan mampu membantu sektor pendidikan di Indonesia untuk beradaptasi dan melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini dengan membangun literasi digital melalui pembelajaran virtual secara menyeluruh dan berkelanjutan," kata Dharma, dalam keterangan Telkomsel yang diterima Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota Internet Jadi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh

Lebih lanjut, Dirjen Dikti Kemdikbud Nizam menyebutkan, biaya paket internet merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring, terutama untuk mahasiswa yang tidak mampu dan kampus yang memiliki dana terbatas.

"Penyediaan paket kuota internet dan pulsa yang hemat dan terjangkau bagi seluruh civitas akademika di Perguruan Tinggi, seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan agar mendukung penyelenggaraan pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu program prioritas Ditjen Dikti," tutur Nizam.

Melalui kolaborasi Telkomsel bersama Kemendikbud RI ini, Telkomsel menghadirkan paket khusus yaitu paket kuota internet dan kuota CloudX bagi dosen, tenaga pendidik, dan karyawan serta para mahasiswa.

Paket data tersebut berisi besaran kuota hingga 50GB dengan harga mulai dari Rp 40.000 yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses (UMB) *168#.

Program Bantuan Kuota Terjangkau untuk perguruan tinggi ini berlangsung sejak 17 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2021 dan ditargetkan untuk dapat menjangkau sekitar 4.760 perguruan tinggi di berbagai daerah di Tanah Air.

3 dari 3 halaman

Untuk Semua Warga Perguruan Tinggi

Program bantuan kuota terjangkau ini diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, dan karyawan di lingkungan perguruan tinggi. Para penerima manfaat bisa mendaftarkan lebih dahulu melalui https://tsel.me/TselEdu.

“Telkomsel berharap solusi Bantuan Kuota Terjangkau dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi seluruh elemen di perguruan tinggi untuk senantiasa terhubung dan menjalani kegiatan belajar mengajar secara virtual," kata Dharma.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan kolaborasi bersama dengan Kementerian Agama untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau ada bagi berbagai tingkatan institusi pendidikan islam di seluruh Indonesia.

Bantuan ini sudah tersedia bagi lebih dari 80 ribu madrasah dan madrasah sederajat TK sampai SMA, 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, dan sekitar 800 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di seluruh Indonesia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini