Sukses

Jangan Tutupi Kamera Webcam MacBook, Ini Bahayanya!

Jangan sekali-kali menutup kamera webcam di Macbook. Ini penjelasan Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kamu yang corcern terhadap implikasi privasi mungkin selalu menonaktifkan atau menutupi webcam bawaan di laptop.

Hal ini karena ada beberapa yang khawatir terkait peretas yang dapat mengakses kamera webcam untuk memata-matai mereka.

Kondisi ini pun mendorong pengguna untuk membeli aksesoris penutup webcam guna memblokir kamera di laptop, salah satunya MacBook. Mereka hanya akan melepas penutup webcam ketika ingin menggunakannya.

Namun, Apple memperingatkan pengguna untuk tidak menggunakan penutup webcam karena berpotensi menyebabkan kerusakan tampilan MacBook.

"Jika kamu menutup MacBook saat penutup kamera webcam terpasang, itu dapat merusak layar karena jarak antara layar dan keyboard jadi dekat. Menutupi kamera internal juga dapat mengganggu sensor cahaya sekitar dan mencegah fitur seperti kecerahan otomatis dan True Tone tak berfungsi," demikian pernyataan Apple, dilansir Ubergizmo, Minggu (12/7/2020). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saran Apple

Sebaliknya, Apple meminta pengguna untuk mengandalkan lampu indikator pada webcam, yang mana fitur itu akan memberi tahu pengguna jika kamera sedang digunakan.

Perusahaan mengklaim fitur itu telah dirancang sedemikian rupa sehingga kamera tidak dapat aktif tanpa lampu menyala.

Dengan demikian, peretas tidak bisa menipu penguna secara diam-diam karena mereka akan sadar ketika kemera aktif.

 

3 dari 3 halaman

Solusi Lain

Namun sayangnya, saran dari Apple mungkin akan dianggap angin lalu oleh beberapa pengguna.

Jika kamu benar-benar ingin memblokir kamera webcam, baik dengan penutup yang ketebalannya kurang dari 0,1mm, pastikan untuk melepas penutup webcam sebelum kamu menutup laptop.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini