Sukses

Fitur WhatApp Terbaru Kini Tersedia untuk Publik: QR Code hingga Stiker Animasi

Salah satu fitur WhatApp terbaru memungkinkan pengguna memiliki satu QR Code unik yang dapat dipindai langsung dari aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi olah pesan WhatsApp kini merilis versi beta publik yang mendukung beberapa fitur baru, mulai dari QR Code hingga stiker animasi.

QR Code

Fitur QR Code akan memungkinkan pengguna untuk menambah kontak tanpa mengetik dan menyimpan nomor ponsel yang terhubung ke WhatsApp. Setiap pengguna memiliki satu QR Code unik yang dapat dipindai langsung dari aplikasi WhatsApp.

QR Code itu dapat ditemukan di menu Setelan (Settings) dan pengguna cukup mengetuk ikon QR Code tepat di samping nama penggunanya di kanan atas. 

Perlu diperhatikan, ketika pengguna berbagi QR Code miliknya, itu sama artinya dengan berbagi nomor WhatsApp miliknya. Oleh sebab itu, sebaiknya pikir dua kali ketika hendak berbagi QR Code itu terutama ke media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hapus dan Ganti QR Code

Namun, jika telanjur membagikan QR Code itu, pengguna dapat menghapusnya langsung dari setelan, sehingga QR Code yang telah dibagikan tak lagi valid, dan menggantinya dengan QR Code baru secara otomatis.

Itu dapat dilakukan dengan masuk ke menu QR Code, lalu mengetuk ikon tiga titik yang berbaris secara vertikal di pojok kanan atas, dan klik Reset.

3 dari 3 halaman

Stiker Animasi

Adapun stiker animasi, fitur ini dapat diaktifkan melalui dengan masuk ke tombol stiker, yang terletak di samping tombol emoji dan GIF. Lalu pengguna perlu mengetuk tombol "+" untuk mengunduh paket stiker animasi yang hendak ia tambahkan.

Stiker Animasi di WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kami melihat ada beberapa paket stiker animasi di pembaruan ini, yakni:

  • Chummy Chum Chums
  • Rico's Sweet Life
  • Playful Piyomaru
  • Moodey Foodies
  • Bright Days

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini