Sukses

Langkah CEO Ubisoft Tanggapi Isu Pelecehan di Perusahaan

Menanggapi tuduhan yang sedang ramai dibicarakan, perusahaan juga tengah melakukan serangkaian investigasi yang melibatkan pihak ketiga independen.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Ubisoft Yves Guillemot akhirnya menyampaikan tanggapannya terkait isu pelecehan seksual di internal perusahaan.

Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada karyawan dan dibagikan di akun Twitter Ubisoft, Yves menyatakan situasi yang membuat perusahaan menjadi sorotan ini sama sekali tidak dapat diterima.

"Tidak seorang pun boleh dilecehkan atau tidak dihargai di tempat kerja, dan jenis perilaku tidak pantas yang baru-baru ini kita dengar tidak bisa dan tidak akan ditoleransi," kata Yves dalam surat tersebut.

Yves menekankan bahwa dia mengapresiasi siapa pun yang telah angkat bicara dan mendukung rekan kerjanya mengangkat isu ini ke permukaan.

"Anda didengar, dan Anda membantu mendorong perubahan yang diperlukan dalam perusahaan," tutur Yves.

Terkait isu ini, Yves antara lain melakukan perombakan di internal perusahaan seperti merevisi komposisi Editorial Departmen, mengubah proses sumber daya manusia perusahaan, dan meningkatkan akuntabilitas semua manajer.

"Kami tidak mencari cara cepat untuk menyelesaikan masalah ini, melainkan melakukan perubahan struktural di Ubisoft yang sepenuhnya selaras dengan nilai-nilai kami--nilai-nilai yang tidak menoleransi perilaku beracun dan di mana semua orang merasa aman untuk berbicara," ujar Yves.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penunjukan Head of Workplace Culture

Selain itu, Yves juga menunjuk Head of Workplace Culture, yakni Lidwine Sauer.

"Dia diberdayakan untuk memeriksa semua aspek kultur perusahaan kami dan menyarankan perubahan komprehensif yang akan menguntungkan kita semua.

Lidwine akan memberikan laporan langsung kepada Yves dan membuat kelompok kerja multidisiplin internasional dan beragam di perusahaan untuk mendukung upaya ini.

Upaya Yves menangani isu ini juga termasuk membuka sesi mendengarkan. Berbeda dengan sisi tanya-jawab ataupun Town Hall Meeting, tujuan sesi ini adalah untuk mendengarkan pengalaman dan keprihatinan karyawan secara aktif dan penuh perhatian, serta menampung saran karyawan.

Upaya-upaya itu juga didukung oleh survei yang akan digelar untuk semua karyawan perusahaan secara global. Pada praktiknya, survei ini akan bersifat anonim.

3 dari 3 halaman

Investigasi

Menanggapi tuduhan yang sedang ramai dibicarakan, perusahaan juga tengah melakukan serangkaian investigasi yang melibatkan pihak ketiga independen.

"Saya tahu bahwa banyak dari Anda ingin mendengar hasil penyelidikan ini. Namun, kita harus meluangkan waktu yang diperlukan untuk memastikan bahwa investigasi ini dilaksanakan dengan teliti," ujar Yves.

Perusahaan juga telah membuat sebuah platform online yang memungkinkan karyawan dan individu eksternal untuk melaporkan pelecehan, diskriminasi, dan perilaku tidak pantas lainnya, termasuk yang melanggar Pedoman Perilaku Adil kami. Platform ini dikelola oleh pihak ketiga demi menjaga anonimitas dan kerahasiaan, serta melibatkan pakar hukum dan komite CSR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini