Microsoft Rombak Menu Start Windows 10 Jadi Lebih Segar

Oleh Agustinus Mario Damar pada 04 Jul 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi Windows 10
Perbesar
Ilustrasi Windows 10. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan adanya perubahan tampilan dari menu Start yang ada di Windows 10. Perubahan ini dilakukan terutama untuk Live Tiles yang berada sisi kanan menu Start.

Sebagai informasi, perubahan ini sebelumnya sudah sempat diumumkan pada awal 2020. Namun seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (4/7/2020), baru pekan ini, perubahan itu hadir untuk beta tester Windows 10.

Tampilan menu Start yang baru di Windows 10 (Doc. Microsoft)

"Kami menyegarkan tampilan menu Start melalui desain lebih sederhana dengan menyingkirkan latar warna di belakang logo aplikasi sekaligus menerapkan latar senada dan transparan ke Live Tiles," tulis Microsoft di blognya. 

Dengan perubahan ini, tampilan Start di Windows 10 memang dibuat lebih segar dan tidak terlalu ramai. Sebab, latar belakang warna solid yang sebelumnya ada di Live Tiles kini sudah dibuat lebih seragam dan sedikit transparan.

Sleain itu, perubahan juga dilakukan pada kombinasi tombol Alt-Tab. Dengan perubahan ini, saat kombinasi tombol Alt-Tab ditekan, Microsoft Egde akan menampilkan seluruh tab yang terbuka, tidak hanya window yang aktif.

Perubahan kecil turut dilakukan pada tampilan taskbar yang kini dapat dipersonalisasi dengan aplikasi Xbox Live atau Your Phone. Namun perubahan ini berlaku untuk pemilik akun baru atau yang baru memakai PC-nya untuk login.

Selain itu, kolom notifikasi kini disertakan pula simbol X di pojok kanan atas, sehingga pengguna dapat langsung menghilangkan notifikasi yang muncul.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Baru Microsoft Ini Mampu Pulihkan Data Meski Sudah Terhapus

Windows 10
Perbesar
Windows 10, (gettyimages)

Baru-baru ini, Microsoft merilis aplikasi atau tools baru yang mampu mengembalikan file atau dokumen yang terhapus--baik sengaja atau tidak.

Bernama Windows File Recovery, aplikasi ini sudah dapat diunduh pengguna Windows 10 secara gratis lewat Microsoft Store.

Berbasis aplikasi command line, Windows File Recovery mampu mengembalikan berbagai macam file atau dokumen dari drive lokal, USB drive, hingga SD card yang sering dipakai di kamera, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (1/7/2020).

Seperti recover tools lainnya, kamu harus langsung menggunakan Windows File Recovery ini sesaat setelah file atau dokumen terhapus sebelum data itu ditimpa otomatis oleh sistem.

Adapun tools baru Microsoft ini mampu memulihkan file MP3, video MP4, dokumen PDF, gambar JPEG, dan dokumen milik Microsoft, seperti Word Excel, dan PowerPoint.

3 dari 3 halaman

Mampu Pulihkan File Usai Drive di Format

Microsoft Bagi-bagi Windows 10 Gratis
Perbesar
Windows 10 (Foto: Fortune)

Secara default, aplikasi recover tools milik Microsoft ini dibuat khusus untuk sistem file NTFS. Windows File Recovery mampu memulihkan file dari disk yang rusak atau sudah diformat sekalipun.

Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan jenis file tertentu di seluruh sistem file FAT, exFAt, dan ReFS.

Hanya saja, proses pemulihan data ini akan memakan waktu yang lebih lama dari seharusnya.

Windows File Recovery dapat menjadi tools pilihan yang tepat dan berguna bagi siapa saja yang secara tidak sengaja menghapus dokumen penting, atau menghapus seluruh isi drive secara tidak sengaja.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓