Jurus TikTok Gaet Lebih Banyak Milenial di Indonesia

Oleh Iskandar pada 03 Jul 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2020, 08:00 WIB
fitur tag location TikTok
Perbesar
Fitur Tag Location di TikTok (Foto: TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Meski sukses digandrungi banyak anak muda, TikTok tak berpuas diri dan makin agresif dalam menggaet lebih banyak pengguna milenial serta memperkaya konten video kreatif di platform-nya.

Sejumlah brand ternama digandeng untuk memuluskan rencana tersebut, antara lain Indosat, Tokopedia, GoPay, tim esports Evos, Kintakun, dan masih banyak lagi. Hadiah melimpah telah disiapkan TikTok untuk para penggunanya dalam program bernama #TikTokTreats.

Pengguna hanya perlu mengumpulkan poin untuk ditukarkan dengan hadiah yang tersedia. Poin bisa diperoleh dengan mengundang atau membagikan halaman program #TikTokTreats ke teman-teman.

Dari sisi brand, kolaborasi bersama TikTok membuka peluang pada komunitas kreatif yang ada di platform tersebut. Kolaborasi ini juga akan mendorong semangat anak muda untuk mengekspresikan bakat dan kreativitasnya.

Yavuz Fatih Yavuz, Senior Vice President, Head of Digital Indosat Ooredoo melihat pengguna dan komunitas yang bergabung di TikTok sangat kreatif dan tertarik untuk diajak mengikuti berbagai kreasi kolaborasi atau pun challenge.

"Hal ini sejalan dengan beberapa campaign serupa yang telah sukses dilakukan seperti #Collabonation yang mengangkat semangat kreativitas generasi muda,” kata Yavuz melalui keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2020).

Dalam kerjasama ini, IM3 Ooredoo mempersiapkan berbagai bonus dan promo spesial, seperti gratis kuota 1GB, gratis kuota 7,5GB, dan promo kuota 30GB hanya dengan menukarkan Tiktok Treat Poin mulai dari 350 Poin.

Pengguna juga dapat menikmati promo kuota 30GB untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Quipper, Zenius, Sekolahmu, Rumah Belajar, serta lebih dari 200 portal Universitas di Indonesia.

 

2 dari 5 halaman

Bagi-Bagi Voucher Cashback

Selain itu, kerjasama dengan TikTok juga mampu memberi pengalaman baru bagi pengguna internet, termasuk yang suka belanja online.

Pasalnya, hubungan mutualisme yang dibangun akan menjadi jalan untuk terbentuknya super ecosystem, yang akan menciptakan pengalaman berbelanja online yang seru dan menyenangkan.

“Kolaborasi dengan para mitra strategis, seperti TikTok Indonesia, selalu menjadi kunci bagi Tokopedia dalam bertransformasi menjadi super ecosystem. Dukungan Tokopedia terhadap program TikTok Treats menjadi salah satu upaya kami dalam menghadirkan pengalaman berbelanja lebih bagi masyarakat, termasuk pengguna TikTok,” ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Melalui program #TikTokTreats, Tokopedia menyiapkan berbagai kejutan berupa voucher cashback hingga Rp 20 ribu dan potongan pembelian pulsa hingga 50 persen. Untuk memperolehnya pengguna hanya perlu mengakses halaman Discover atau Temukan di aplikasi Tiktok.

Dari situ akan tersedia petunjuk untuk mengikuti program #TikTokTreats. Setelah melakukan redeem point lewat aplikasi TikTok, pengguna dapat langsung menemukan voucher Tokopedia di halaman Kupon Saya pada aplikasi Tokopedia.

 

3 dari 5 halaman

Merangkul Komunitas Esports

Tak hanya belanja online, segmen gamer juga menjadi incaran program #TikTokTreats. Bersama TikTok, Tim eSports Evos ingin menjangkau komunitas online yang lebih besar. Terutama pengguna TikTok yang memiliki ketertarikan pada dunia esports.

Platform TikTok banyak diisi oleh anak muda yang juga punya kertarikan pada esports. Kami ingin merangkul mereka dengan berpartisipasi di program #TikTokTreats, dan tentunya ikut mengajak Evos Fams untuk berlomba mendapatkan hadiah dari Evos,” kata Hartman Harris, Co-Founder Evos Esports.

Dalam program #TikTokTreats, Evos menyiapkan hadiah mulai dari Skin Harith EVOS M1, gratis Rp 10.000 EMP, dan voucher merchandise senilai Rp50 ribu.

 

4 dari 5 halaman

Kejutan untuk Kaum Rebahan

Kejutan lain juga disiapkan untuk kaum rebahan. TikTok dan Kintakun melihat peluang untuk merangkul komunitas kreatif yang banyak didominasi anak muda. Apalagi kaum milenial menyimpan prospek yang menjanjikan di masa depan.

Oleh karena itu, dalam program #TikTokTreats, Kintakun telah menyiapkan sejumlah produk dan voucher hingga Rp 50 ribu demi memikat para anak muda yang menggunakan platform TikTok.

“Kami lihat di TikTok dengan begitu banyak komunitas yang kreatif, kami mulai coba merangkul ke arah situ (anak muda). Kami lihat, kalau kami bisa dapat (pasar) millenial kaya sekarang di masa pandemi, ini adalah kesempatan baik. Kami membidik pasar millenial untuk masa depan brand kami,” jelas Vincent Saputra, COO Kintakun.

 

5 dari 5 halaman

Promo dari GoPay

Tak berbeda, GoPay juga memiliki pandangan yang sama terhadap segmen anak muda. Kebiasaan kaum millenial yang lekat dengan teknologi menjadi alasan anak muda lebih cepat memahami perkembangannya.

Bisa terlihat pada banyaknya anak muda yang menggandrungi aplikasi TikTok atau maraknya penggunaan sistem pembayaran digital oleh anak muda.

Melalui program #TikTokTreats, TikTok dan GoPay lantas berusaha mengoptimalkan peluang di segmen anak muda melalui komunitas kreatif di platform TikTok.

Promo cashback hingga Rp 30 ribu dalam program tersebut telah disiapkan GoPay untuk menggaet lebih banyak anak muda agar memanfaatkan layanannya.

Jessica Gautama, Senior Marketing Manager TikTok Indonesia, berharap program #TikTokTreats dapat menjadi tempat di mana brand, termasuk GoPay, dapat ditemukan oleh komunitas dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

"Dengan adanya program ini juga, membuat komunitas TikTok semakin beragam. Sehingga TikTok bisa menjadi tempat bagi siapa pun untuk berbagi kebahagiaan dan menginspirasi,” ucap Jessica.

(Isk/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait