Recci Lustre L-10000WP, Power Bank dengan Qualcomm QC 3.0 dan Wireless Charging

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 02 Jul 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 17:00 WIB
Recci Lustre L-10000WP
Perbesar
Recci Lustre L-10000WP. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Power bank adalah salah satu aksesori pilihan pendamping ponsel. Fungsinya menjadi vital saat daya baterai ponsel kritis atau habis, misalnya ketika kita sedang di tengah perjalanan atau di suatu tempat dan dia tidak punya akses ke sumber listrik untuk mencolokkan charger.

Tren pengisian daya ponsel beberapa tahun terakhir ini antara lain meliputi sistem pengisian daya cepat atau quick charging dan nirkabel atau wireless charging.

Untuk quick charging, Qualcomm merupakan salah satu perusahaan yang berkontribusi terhadap pengembangan fitur ini melalui chipset yang mereka buat.

Merespons tren tersebut perusahaan produsen power bank pun berupaya mengikutinya. Kini di pasaran kita akan mendapati power bank dengan fitur quick charging dan wireless charging.

Salah satu power bank yang memiliki fitur itu adalah Recci Lustre dan di artikel ini kami akan mengulas bagaimana performa power bank tersebut.

Desain

Unit Recci Lustre L-10000WP yang kami ulas berwarna biru metalik kehijauan dengan empat sudut melingkar.

Bodi depannya berbahan alumunium, sementara di bodi belakang terdapat lapisan karet berwarna hitam, yang menambah kenyamanan pengguna ketika menggenggam power bank tersebut.

Lalu di tepi kanan tersemat tombol power, sementara di tepi atas terdapat dua buah ports, yakni Type-C dan USB.

Untuk power bank berkapasitas 10.000 mAh, ukuran Recci Lustre L-10000WP terbilang kompak.

Perangkat ini nyaman digenggam tangan dan lapisan karet menambah grip supaya tidak mudah tergelicincir saat digenggam--masalah klasik yang kadang ditemukan pada sebagian besar power bank.

2 dari 4 halaman

Performa

Recci Lustre L-10000WP Power Bank
Perbesar
Recci Lustre L-10000WP Power Bank. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kehadiran dua tipe ports, yakni Type-C dan USB, sangat bermanfaat karena ada beberapa tipe ponsel yang charger bawaan pabriknya menggunakan kabel Type-C to Type-C. Di dalam kotak tersedia satu unit kabel USB to Type-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel dengan port Type-C.

Terkait teknologi QC dari Qualcomm, sebetulnya teknologi ini dirancang untuk dapat berfungsi di konektor mana pun terlepas dari tipenya.

Mengutip keterangan di situs web resmi Qualcomm, teknologi QC ini kompatibel dengan USB Type-A, USB micro, USB Type-C, dan konektor paten.

Wireless Charging

Wireless Charging di Huawei P30 Pro. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kami menjajal Wireless Charging 10W Recci Lustre L-10000WP dengan ponsel Huawei P30 Pro. Daya 10W ini lebih kecil ketimbang Huawei Wireless Charger yang menawarkan daya hingga 15W, tetapi karena Recci Lustre L-10000WP sejatinya merupakan sebuah power bank, maka daya 10W yang dihasilkan secara nirkabel ini terbilang tinggi.

Kami cuma perlu menekan tombol power beberapa detik dan menempelkan bodi belakang P30 Pro ke power bank tersebut. Tak perlu waktu lama, proses pengisian daya akan berlangsung. 

Ikon pengisian daya nirkabel cepat ini terletak di pojok kanan atas, tepatnya di antara ikon persentase sisa daya baterai dan jam. Selama proses pengisian daya berlangsung, kekhawatiran kami bahwa suhu ponsel akan meningkat drastis, tidak terjadi. Hal ini tentu mengesankan.

QC 3.0 Qualcomm 

Untuk pengisian daya cepat dari Qualcomm, kami mencoba mengisi unit ponsel yang kompatibel dengan teknologi ini, tentunya ia harus merupakan ponsel dengan chipset Snadragon. Pilihan kami jatuh ke Realme X3 SuperZoom yang ditopang Snapdragon 855+. 

Proses pengisian berlangsung cepat, sesuai ekspektasi. Suhu ponsel saat pengisian juga terbilang stabil; kami tidak merasakan panas berlebih.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Recci Lustre L-10000WP Power Bank
Perbesar
Recci Lustre L-10000WP Power Bank. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kapasitas 10000 mAH dari Recci Lustre L-10000WP diharapkan akan cukup untuk mengisi daya ponsel sebanyak dua hingga tiga kali pengisian, tergantung pada kapasitas baterai dan persentase daya saat diisi.

Soal desain, pilihan material alumunium untuk bodi depan dan lapisan karet untuk bodi belakang mampu menampilkan kesan elegan.

Lebih dari itu, Recci Lustre L-10000WP boleh jadi acuan baru untuk power bank yang mendukung pengisian daya cepat QC 3.0 dari Snapdragon sekaligus pengisian daya nirkabel, tetapi dengan rentang harga terbilang terjangkau. 

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi

1. Battery Cell Type: A+grade Lithium polymer battery

2. Capacity: 10000mAh

3. Rated Input: DC 5V/3A 9V/2A

4. Rated Output: Type C 5V/3A 9V/2A 12V/1.5AUSB A 5V/3A 9V/2A 12V/1.5A

5. Wireless Power: 10W

6. Self-charging Time: Around 7-8hrs (2A/hr)

7. Dimension: 135*69*15(mm)

8. Product Weight: 213g

9. Material: Aluminium Alloy+PC+ABS

10. Interface: Type-C

(Why/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓