Sukses

Aplikasi TikTok Hilang dari Google Play dan App Store India

Hilangnya TikTok dari toko aplikasi setelah pengumuman bahwa pemerintah India memutuskan untuk memblokir 59 aplikasi dari Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi TikTok hilang dari toko aplikasi Google Play dan App Store di India. Hilangnya TikTok dari toko aplikasi setelah pengumuman bahwa pemerintah India memutuskan untuk memblokir 59 aplikasi dari Tiongkok, salah satunya TikTok.

Kendati aplikasi hilang dari toko aplikasi Google dan Apple, para pengguna yang sudah men-download TikTok tetap bisa mengaksesnya.

Pengguna yang membuka aplikasi TikTok akan mendapatkan pesan dari penyedia aplikasi. Isinya adalah pengumuman bahwa pemerintah India memblokir 59 aplikasi, termasuk TikTok.

"Kami dalam proses untuk mematuhi aturan dari pemerintah India sekaligus bekerja dengan pemerintah untuk memahami isu ini dengan lebih baik serta mengeksplor langkah pasti," kata TikTok India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu (1/7/2020).

TikTok juga menegaskan, memastikan privasi dan keamanan pengguna di India merupakan prioritas perusahaan.

Tak hanya menghilangkan aplikasinya di App Store dan Google Play, website TikTok juga tidak tersedia lagi untuk pengguna di India.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan TikTok Tak Bisa Diakses

Situs web pun diarahkan ke halaman tiktok.com/notfound yang menampilkan pesan di atas. Tak hanya itu, TikTok juga memperingatkan pengguna di India mengenai larangan dari pemerintah.

Meski di sejumlah smartphone pengguna TikTok masih ada, aplikasi tersebut tak bisa berfungsi di jaringan milik operator telko India seperti Airtel dan layanan broadband seperti Spectra dan Exitel.

Pemberitahuan larangan TikTok ini diperkirakan sangat berdampak besar terhadap bisnis TikTok. Pasalnya TikTok memiliki basis pengguna terbesar di India. Jumlah unduhan TikTok di India pun disebut-sebut sebagai salah satu yang terbanyak.

TikTok telah diundang untuk bertemu dengan para pemangku pemerintah terkait dengan pemblokiran ini. Kepala TikTok India Nikhil Gandhi mengatakan, TikTok telah mematuhi larangan pemerintah, terutama untuk mematuhi praktik keamanan data untuk pengguna di India.

3 dari 3 halaman

59 Aplikasi Tiongkok Diblokir India

Sebelumnya, pemerintah India memblokir 59 aplikasi asal Tiongkok. Dari jumlah tersebut, aplikasi terkenal juga ikut diblokir, misalnya TikTok, WeChat, ShareIt, dan UC Browser.

Mengutip laman India Times, Selasa (30/6/2020), aplikasi-aplikasi Tiongkok ini diblokir untuk melawan ancaman terhadap kedaulatan dan keamanan negara yang ditimbulkannya.

Ke-59 aplikasi Tiongkok ini dilarang beroperasi di tengah meningkatnya ketegangan antara India dan Tiongkok, usai bentrokan di perbatasan, sekitar dua pekan lalu.

Pemerintah India mengatakan, aplikasi-aplikasi tersebut terlibat dalam kegiatan "merugikan kedaulatan, integritas, dan pertahanan India." Aplikasi yang dimaksud juga dianggap melanggar ketertiban umum.

Pemerintah juga menyebut, ada sejumlah keluhan mengenai data-data pengguna India yang ditransfer ke luar negeri tanpa izin dari pengguna ataupun pemerintah.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.