Sukses

Review Realme Buds Q: TWS 300 Ribuan dengan Gaming Mode

Cek pembahasan singkat mengenai Realme Buds Q oleh Tekno Liputan6.com dalam artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Realme Buds Q resmi diperkenalkan di Indonesia. True Wireless Stereo (TWS) terbaru Realme ini diperkenalkan bersama dengan Realme C11 untuk pasar Tanah Air.

Hadir sebagai aksesori entry-level, Realme Buds Q didesain oleh desainer kenamaan Hermès, José Lévy. Dengan campur tangan José Lévy, earphone ini pun disebut sebagai The First TWS with Design Master.

Menurut Realme, aksesori ini sekaligus mewujudkan ambisi perusahaan dalam bidang AIoT. Terlebih, produk Realme Audio saat ini diklaim telah terjual 1 juta unit dari sejak pertama diluncurkan hingga saat ini.

Sebagai informasi, earphone nirkabel ini dibekali chipset R1Q dan Bluetooth 5.0. Untuk navigasi, Realme Buds Q hadir dengan kontrol sentuh yang terletak di masing-masing earpiece.

Realme Buds Q hadir di Indonesia dengan harga Rp 300 ribuan. Namun seperti apa performa earphone anyar ini? Simak pembahasan singkat dari Tekno Liputan6.com berikut ini.

Desain

Secara keseluruhan, desain Realme Buds Q disebut terinspirasi dari batu alam atau cobble. Jadi, casing dari earphone ini tampil dengan bentuk bulat yang terasa nyaman digenggam.

Sementara untuk desain earpiece, aksesori ini hadir dengan gaya in-ear, sehingga keluaran suara langsung ke lubang telinga. Realme sendiri menyediakan tiga opsi eartips yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengguna.

Dengan desain in-ear, earphone ini menawarkan pengalaman mendengar yang lebih terisolasi. Jadi, pengguna bisa cukup fokus pada keluaran audio dan tidak terlalu terganggu suara dari luar.

Bobot Realme Buds Q juga terbilang ringan. Karenanya, penggunaan di telinga dalam jangka waktu lama tidak terlalu melelahkan.

Berbekal kemampuan navigasi sentuh di masing-masing earpiece, pengguna dimudahkan mengontrol lagu yang sedang dimainkan. Mulai dari menyetop lagu atau mengganti ke trek selanjutnya.

Hanya untuk fasih menggunakan fitur ini, kami harus beberapa kali mencoba sebelum akhirnya terbiasa. Sebab dengan area sentuh yang tidak terlalu besar, terkadang kami menyentuh area lain di luarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Audio

Realme Buds Q didukung dengan driver besar 10mm dan solusi The Dynamic Bass Boost. Menurut Realme, solusi ini diciptakan tim ahli akustik perusahaan untuk membuka potensi bass pada musik.

Hasilnya, keluaran bass earphone ini memang terbilang cukup menonjol. Terlebih, jika kamu mendengarkan lagu dengan hentakan bass kuat, earphone ini mampu memberikan keluaran optimal.

Hanya, earphone ini memang kadang kurang optimal pada lagu-lagu yang melibatkan banyak instrumen, sebab suara yang dihasilkan terdengar riuh.

Kendati demikian, saat dipakai untuk mendengarkan sejumlah lagu akustik, Realme Buds Q ternyata mampu menampilkan performa cukup apik dan terbilang detail.

Selain mendengarkan musik, earphone ini juga memiliki kemampuan cukup baik saat dipakai untuk melakukan panggilan suara. 

Lalu untuk bermain gim, Realme sudah menyertakan kemampuan Gaming Mode yang dapat diaktifkan melalui aplikasi Realme Link atau dengan menekan kedua earpiece secara bersama-sama selama beberapa detik.

Hasilnya, Realme Buds Q dapat diandalkan untuk bermain gim yang membutuhkan ketepatan suara. Saat memainkan Call of Duty Mobile, kami tidak merasakan jeda suara antara gim dengan keluaran di earphone ini.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Dengan harga Rp 300 ribuan, Realme Buds Q harus diakui menjadi pilihan menarik untuk kategori entry-level. Hal itu tidak lepas dari desain dan fitur yang dibenamkan.

Realme Buds Q memiliki desain apik dan bobot ringan, sehingga membuatnya nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu, earphone ini juga memiliki Gaming Mode yang membuatnya dapat diandalkan saat bermain gim.

Hanya yang perlu menjadi pertimbangan, earphone ini mungkin tidak sesuai untuk seluruh genre musik. Sebab, seperti yang dibahas di atas, earphone ini memang memiliki karakter bass yang leboh menonjol. Untuk itu, bagi kamu yang menyukai musik dengan hentakan bass kuat, Realme Buds Q bisa menjadi salah satu pilihan.

Di sisi lain, dengan harga yang ditawarkan, earphone nirkabel ini juga menarik bagi kamu yang ingin menjajal True Wireless Stereo untuk pertama kalinya.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini