Sukses

iOS 14 Mungkinkan Pengguna Masuk ke Situs Web di Safari dengan Face ID dan Touch ID

iOS 14 memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web di Safari dengan menggunakan Face ID dan Touch ID.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 14 memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web di Safari dengan menggunakan Face ID dan Touch ID. Pendekatan ini disandarkan pada metode Web Authentication (WebAuthn) dari konsorsium FIDO (Fast IDentity Online).

Mengutip CNET, Jumat (26/6/2020), teknologi ini menjadi penyempurna kekurangan kata sandi konvensional. Bahkan, ia memungkinkan autentikasi tanpa input kata sandi.

Lebih lanjut, teknologi ini juga menyederhanakan autentikasi dua langkah. Ia berfungsi lebih cepat daripada melakukan input One-Time-Passcode (OTP) dari aplikasi autentikasi dua langkah, pesan teks, dan email.

Di sisi lain, teknologi ini juga menghambat praktik phising. Umumnya, praktik phising dilakukan dengan membuat halaman web palsu.

Namun karena teknologi ini hanya dapat berfungsi jika pengguna mengunjungi halaman web asli yang telah lebih dulu dikonfigurasi, maka secara teoretis praktik phising tidak mungkin akan terjadi.

Selain Apple, teknologi serupa juga telah diadopsi di Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, teknologi pengenalan wajah Windows Hellom dan autentikasi sidik jari di Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPadOS 14 Hadir dengan Dukungan Mouse dan Keyboard untuk Main Gim

Apple telah memperkenalkan versi terbaru iPadOS 14 saat gelaran WWDC 2020. Sama seperti sistem operasi anyar lain, Apple turut membenamkan sejumlah fitur baru di iPadOS 14 ini.

Salah satunya seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (23/6/2020), ada dukungan keyboard, mouse, maupun trackpad untuk kebutuhan bermain gim di iPadOS.

Dengan dukungan kemampuan anyar ini, Apple pun dijadwalkan akan menjelaskannya lebih lanjut untuk para pengembang pada 25 Juni 2020.

Menurut rencana, dalam pertemuan itu Apple akan berbagi beragam informasi, mulai dari memanfaatkan kontroler untuk gim yang telah ada, gim dari platform lain, hingga interaksi dalam gim yang benar-benar baru.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan seperti apa pengalaman bermain yang akan ditawarkan di iPadOS 14. Namun yang pasti, lewat kemampuan ini, pengalaman bermain gim di iPad jelas ditingkatkan.

 

3 dari 3 halaman

Perubahan Tampilan

Selain dukungan untuk bermain gim, pada iPadOS 14 ada sejumlah perubahan tampilan. Dari penjelasan Apple, sejumlah aplikasi akan dioptimalkan untuk pemakaian di layar besar dengan tambahan sidebar.

Serupa dengan iOS 14, iPadOS anyar ini juga kehadiran widget baru. Berbekal fitur anyar ini, widget tidak lagi berada di sisi kiri layar, tapi dapat dipindah-pindah dan disesuaikan ukurannya.

Sistem operasi khusus iPad ini juga mendukung fitur baru yang diberi nama Scribble untuk mendukung kemampuan Apple Pencil. Fitur ini memungkinkan iPadOS 14 mengenali dan mengubah tulisan tangan menjadi teks ketik.

Rencananya, iPadOS 14 akan bergulir menjelang akhir tahun ini. Deretan perangkat yang akan mendapatkannya adalah iPad Air 2, iPad Mini 4, iPad Pro, iPad (2017,2018,2019), iPad Air (2019), dan iPad Mini (2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.