Sukses

Gojek Umumkan PHK 430 Karyawan

Gojek akhirnya mengumumkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja pada 430 karyawan yang setara dengan sembilan persen total keseluruhann karyawan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Gojek akhirnya mengumumkan adanya pemutusan hubungan kerja pada 430 karyawannya. Menurut keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/6/2020), jumlah itu setara dengan sembilan persen dari total karyawan Gojek.

Karyawan yang meninggalkan perusahaan itu kebanyakan dari berasal dari divisi terkait GoLife dan GoFood Festival. Sebagai informasi, kelangsungan dua layanan itu kini memang sudah dihentikan oleh Gojek.

"Kepada kalian yang meninggalkan Gojek, tolong diketahui bahwa ini adalah kesalahan kami berdua, saya dan Andre, bukan kalian," tulis Co-CEO Gojek Kevin Aluwi melalui email yang ditujukan pada para karyawan.

Meski melakukan pemutusan hubungan kerja, Gojek memastikan tetap memberikan hak pada karyawan, mulai dari pesangon, pembayaran gaji, hingga perpanjang program bantuan karyawan.

"Bagi kalian yang tetap di Gojek, kami ingin memastikan bahwa keputusan pengurangan karyawan ini merupakan satu-satunya yang kami lakukan di tengah situasi COVID-19," tulis Co-CEO Gojek Andre Soelistyo lewat email serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gojek Tutup Layanan GoLife Gara-Gara Covid-19

Sebelumnya, Gojek memang baru saja mengumumkan strategi perusahaan untuk memperkuat fokus kepada bisnis inti (core business) yang memiliki dampak paling luas kepada masyarakat, yaitu bisnis transportasi, pesan-antar makanan, dan uang elektronik sebagai langkah jangka panjang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Gojek memutuskan untuk menutup salah satu layanannya, yakni GoLife. Selain GoLife, layanan lain yang juga ditutup adalah GoFood Festival. 

"Layanan GoLife yang meliputi layanan GoMassage dan GoClean, serta GoFood Festival yang merupakan jaringan pujasera GoFood di sejumlah lokasi, akan dihentikan," kata Gojek melalui keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi atas situasi makro ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih waspada terhadap aktivitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak.

Perusahaan menambahkan GoLife dan GoFood Festival membutuhkan interaksi jarak dekat, dan mengalami penurunan permintaan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pandemi COVID-19. Aplikasi GoLife dapat digunakan hingga 27 Juli 2020.

3 dari 3 halaman

Berdampak Kepada Mitra

Penutupan layanan GoLife sayangnya akan berdampak pada mitra GoLife karena pandemi Covid-19.

Terkait hal ini Gojek mengklaim akan memberikan dukungan berupa ‘Program Solidaritas Mitra COVID-19’ kepada mitra yang aktif menggunakan platform sebelum adanya pembatasan akibat COVID-19.

Hal ini berupa program peningkatan keterampilan melalui pelatihan online yang dapat menjadi bekal jangka panjang untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Selain itu, Gojek juga akan memberikan program bantuan dana tunai untuk mitra aktif yang memenuhi kriteria.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.