Keriuhan Warganet Sambut HUT ke-493 DKI Jakarta

Oleh Agustinus Mario Damar pada 22 Jun 2020, 09:46 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 09:46 WIB
Logo HUT ke-493 DKI Jakarta
Perbesar
Logo HUT ke-493 DKI Jakarta. (Sumber Pemprov DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 22 Juni 2020, merupakan Hari Ulang Tahun ke-493 DKI Jakarta. Menyambut HUT ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, perayaan dan syukuran akan digelar secara virtual, sebab masih ada pandemi Covid-19.

“Biasanya ada Jakarta Fair, karnaval, tapi terpaksa tidak dilakukan, sekarang semua virtual. Dari Sabtu kemarin ada tour kegiatan kesenian, konser amal, semuanya virtual,” tuturnya.

Meski tidak digelar secara langsung, keriuhan menyambut HUT DKI Jakarta ini bukan berarti tidak semarak. Hal itu dapat dilihat dari kicauan para warganet di Twitter pagi ini.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (22/6/2020), tagar HUT DKI 493 telah menjadi Trending Topic di Twitter. Banyak dari cuitan itu berisi ucapan selamat ulang tahun yang diiringi sejumlah harapan.

Untuk mengetahui seperti apa kicauan warganet mengenai HUT ke-493 DKI Jakarta, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun dari Twitter.

2 dari 3 halaman

Tema HUT ke-493 DKI Jakarta

Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Anies Baswedan bersepeda keliling Ibu Kota dalam rangka mengajak warga agar selalu menggunakan face shield atau masker saat beraktivitas di luar ruangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Anies juga menjelaskan alasan tema Jakarta Tangguh yang dipilih untuk peringatan HUT Ibu Kota kali ini. 

“Kita pilih tema Jakarta Tangguh. Kita mau bilang Jakarta ini kota yang sejarahnya panjang, tahun ini kita diberi tantangan yaitu ada Covid-19, tapi ini bukan hal baru buat Jakarta, dulu pernah ada wabah,” ucapnya.

“Saat ini ada wabah, tapi kita Jakarta berisi orang-orang tangguh, ulet, Insyallah kita bisa lewati ini,” kata Anies menandaskan. 

3 dari 3 halaman

Tur Virtual HUT Jakarta

20161016- Serunya Karnaval Kebudayaan Betawi di CFD-Jakarta- Faizal Fanani
Perbesar
Grup Tanjidor ikut meramaikan acara Hajatan Bank DKI saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI Jakarta, Minggu (16/10). Hajatan Bank DKI ini digelar dalam bentuk karnaval kebudayaan Betawi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, tur secara virtual di sejumlah lokasi wisata di Jakarta rencananya dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020.

"Kita buat virtual tur di beberapa objek wisata seperti Ancol, Ragunan, dan Pulau Seribu," kata Cucu saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (19/6/2020).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Imam Hadi Purnomo menyatakan, saat perayaan HUT Jakarta, masyarakat juga dapat menonton secara virtual tur kegiatan di sejumlah museum. Seperti halnya museum sejarah, seni, hingga bahari.

Dia juga menyatakan, pihaknya telah menyiapkan pula Jakarta City Philarmonic, tayangan soal profil Planetarium, profil Masjid Amir Hamzah, dan Setu Babakan.

"Lalu ada TikTok, pergelaran seni budaya, sejarah Kota Jakarta dalam virtual tur museum sejarah," kata Imam saat dihubungi.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓