Sukses

Warganet Heboh, Fitur Last Seen dan Keterangan Typing WhatsApp Tak Berfungsi

Linimasa Twitter diramaikan dengan topik mengenai WhatsApp yang menjadi salah satu trending topic, Sabtu (20/6/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Linimasa Twitter diramaikan dengan topik mengenai WhatsApp yang menjadi salah satu trending topic, Sabtu (20/6/2020).

Rupanya, kicauan para pengguna ini berisi keluhan pengguna karena hilangnya fitur last seen dan keterangan typing pada WhatsApp.

Last seen merupakan fitur WhatsApp yang memberitahukan ke pengguna, kapan seseorang terakhir terlihat di WhatsApp.

Sementara keterangan typing memperlihatkan status apakah seseorang tengah mengetik pesan di kolom pengetikan pesan.

Dari keluhan-keluhan yang diunggah warganet, tak sedikit yang memposkan meme. Meme-meme teresebut seolah memperlihatkan para pengguna WhatsApp jadi buta karena tak bisa melihat last seen dari pengguna lainnya.

Kendati demikian, ada juga warganet yang memang tidak mengaktifkan fitur last seen sehingga tak mempermasalahkan fitur tersebut mendadak hilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Errornya WhatsApp Dilaporkan Pengguna

Mengutip laman Express.co.uk, semalam WhatsApp memang dilaporkan mengalami layanan down, terutama untuk fitur last seen yang mendadak hilang.

Berdasarkan situs pendeteksi layanan tumbang Down Detector, terdapat banyak sekali keluhan mengenai layanan pesan milik grup Facebook itu.

Sekitar 10 jam lalu, total laporan mengenai tumbangnya WhatsApp mencapai 4.000 laporan. Dari laporan-laporan yang masuk, 73 persen pelapor mengaku tidak bisa memakai fitur last seen.

3 dari 3 halaman

Para Pengguna yang Terdampak

Sementara 24 persen mengaku mengalami kesulitan koneksi untuk mengakses WhatsApp.

Meski begitu, menurut situs Down Detector, masalah pada WhatsApp ini dialami oleh para pengguna di Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Sejumlah media India juga melaporkan masalah ini.

Sejauh ini, fitur last seen dan typing sudah kembali ada dan masalah pun telah selesai. Sayangnya belum ada informasi dari pihak WhatsApp mengenai penyebab kendala ini.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.