Sukses

Pendiri Bukalapak Fajrin Rasyid Kini Jadi Direktur Digital Business Telkom

Co-Founder sekaligus Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyin telah resmi ditunjukan dan ditetapkan sebagai Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Co-Founder sekaligus Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid telah resmi ditunjukan dan ditetapkan sebagai Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Telkom). Penetapan ini dipastikan setelah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan digelar siang ini.

Usai penetapan ini, Fajrin akan menyerahkan tugas dan tanggung jawab fungsional harian sebagai Presiden Bukalapak pada Dewan Direksi dan Manajemen Bukalapak.

Menurut CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, kinerja Fajrin Rasyid sebagai Co-Founder dan Presiden Bukalapak yang luar biasa telah berhasil membawa Bukalapak dengan sangat baik. Tidak hanya itu, perusahaan juga selalu berjalan berdampingan dengan pemerintah dan pemangku kepentingan.

"Saya yakin Fajrin merupakan orang yang tepat untuk menduduki posisi tersebut dan dapat meneruskan aspirasinya untuk berkontribusi di Indonesia, bahkan di skala yang jauh lebih besar," tuturnya seperti dikutip dari blog resmi Bukalapak, Jumat (19/6/2020).

Rachmat juga berharap konsep digitalisasi UMKM yang dibawa Fajrin Rasyid dan co-founder lain dapat menjadi basis kuat dalam perkembangan bisnis usaha UMKM di Indonesia.

Menanggapi soal penetapan ini, Fajrin juga mengucapkan terima kasih atas amanah ini. Dia juga mengaku siap membantu Indonesia lebih maju dengan fokus mengembangkan telekomunikasi bersama Telkom.

"Saya berharap pengalaman saya membesarkan bisnis startup hingga menjadi besar seperti sekarang, dapat membawa kontribusi untuk mengembangkan Telkom," tutur Fajrin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ririek Adriansyah Tetap Jadi Dirut Telkom, Fajrin Bukalapak Direktur Digital

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat, 19 Juni 2020. Ririek Adriansyah disebut masih menduduki kursi Direktur Utama di BUMN telekomunikasi ini.

Ririek menduduki posisi Dirut Telkom sejak 24 Mei 2020. Sebelum menduduki posisi tersebut, Ririek merupakan Presiden Direktur PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak usaha dari Telkom. Ririek menjadi orang nomor satu di Telkomsel sejak 2015 lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir memang pernah memberi bocoran soal direksi Telkom dari kalangan milenial. Katanya, direksi itu berusia di bawah 40 tahun.

"Salah satu direksinya nanti berusia di bawah 40 tahun," kata Erick Thohir dalam sebuah diskusi beberapa waktu lalu.

Erick menambahkan, bahwa sejak awal menjabat di BUMN, ia ingin 15 persen direksi perempuan dan 5 persen dari milenial. "Ini juga strategi membangun talenta muda. Apakah dengan magang, shortcourse, termasuk menghadirkan 30 persen CSR BUMN untuk penduduk," ujarnya.

Terdapat pula beberapa nama lain dari jajaran direksi yang baru. Berikut bocoran jajaran Direksi Telkom:

Direktur Utama: Ririek Adriansyah

Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara

Direktur Consumer Service: Venusiana Papasi 

Direktur  Wholesale & International Service:  Dian Rahmawan

Direktur Keuangan: Herry Supriadi

Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko

Direktur Human Capital Management: Wandi

Direktur Strategic Portfolio: Budi Setiawan

Direktur Digital Business:  Muhammad Fajrin Rasyid 

3 dari 3 halaman

Sepak Terjang Ririek

Ririek menduduki posisi Dirut Telkom sejak 24 Mei 2020. Sebelum menduduki posisi tersebut, Ririek merupakan Presiden Direktur PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak usaha dari Telkom. Ririek menjadi orang nomor satu di Telkomsel sejak 2015 lalu.

Ririek merupakan lulusan Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1989. Sebelum menjadi Direktur Utama Telkomsel, sejumlah Ririek pernah menduduki sejumlah jabatan di Telkom dan Telkom Grup.

Ririek mengawali kariernya di Telkom sebagai Deputi EGM Divisi Infratel sejak 2004 hingga 2008. Kemudian dia menjadi Direktur International Carrier Service, Telin pada 2008 hingga 2010 dan Direktur Marketing & Sales, PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) pada 2010-2011.

Ririek pernah menempati posisi utama di PT Telin ketika menjabata sebagai Presiden Direktur anak usaha Telkom pada 2011 hingga 2012. Kemudian dia pun menjabat sebagai Direktur Wholesale & International Service (WINS) sejak Mei 2012.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini