Sukses

WhatsApp Siapkan Fitur untuk Bantu Pengguna Cari Pesan Lama

WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba sebuah fitur baru yang bakal mempermudah pengguna mencari pesan lama mereka dengan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba sebuah fitur baru untuk memudahkan pengguna mencari pesan lama mereka lebih cepat.

Saat ini untuk mencari pesan-pesan lama--misalnya pesan yang dikirim bulan lalu--pengguna WhatsApp harus memasukkan kata kunci dan menyeleksinya satu per satu.

Namun menurut WABetaInfo, WhatsApp kini tengah mencari cara agar fitur tersebut segera hadir.

Dengan fitur ini, ketika pengguna mengetahui kisaran waktu sebuah pesan dikirim, fitur baru ini akan memungkinkan pengguna kembali ke hari, bulan, atau tahun tertentu untuk menemukan pesan yang dimaksud.

Mengutip laman Express.co.uk, Rabu (17/6/2020), berdasarkan versi beta terakhir aplikasi WhatsApp, ketika pengguna mencari sebuah pesan atau obrolan, mereka akan mendapatkan tanggal dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baru Uji Coba

Meski fitur ini tengah diuji coba, belum tentu akan langsung ada di pembaruan aplikasi WhatsApp untuk pengguna Android atau iOS di seluruh dunia.

Kendati demikian, dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp terus meningkatkan kemampuan pencarian di aplikasinya. Aplikasi pesan terpopuler di dunia ini, misalnya, memungkinkan pemilik iPhone untuk menelusuri pencarian berdasarkan jenis file.

Oleh karenanya, kemampuan menelusuri pesan lama berdasarkan tanggal bakal sangat berguna dan melengkapi fungsi pencarian di aplikasi.

3 dari 3 halaman

Uji Coba Fitur Manajemen Penyimpanan

Tidak hanya pencarian, kabarnya WhatsApp juga meningkatkan opsi manajemen penyimpanan. Memang, WhatsApp tak bisa melihat berapa banyak memori di smartphone Android atau iPhone yang masih tersisa.

Hal ini membuat WhatsApp kesulitan mengetahui grup chat mana yang harus dihapus untuk menghemat ruang.

Namun berdasarkan laporan terbaru, pengguna bisa memiliki tab terpisah untuk melihat file besar di smartphone dan menghapusnya dengan cepat.

WhatsApp juga kabarnya menyiapkan tab khusus untuk file yang diteruskan (forwarded). Dengan begitu, pengguna bisa menghapus duplikat pesan atau file yang sudah pernah dikirimkan untuk menghemat ruang.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini