Sukses

WhatsApp Pay Resmi Beroperasi di Brasil, Kirim Uang Semudah Berbagi Foto

Bos Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan layanan WhatsApp Pay sudah bisa dipakai untuk bertransaksi di Brasil.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan WhatsApp Pay resmi beroperasi di Brasil. Hal itu disampaikan oleh Bos Facebook Mark Zuckerberg melalui laman pribadinya.

Brasil menjadi negara pertama tempat WhatsApp Pay diluncurkan secara luas.

"Brasil menjadi negara pertama di dunia, tempat kami luncurkan layanan pembayaran di WhatsApp," kata Zuckerberg.

Dia mengatakan, dengan kehadiran layanan pembayaran WhatsApp Pay di Brasil, pengguna bisa mengirim dan menerima uang semudah kirim foto.

WhatsApp Pay, menurut Zuckerberg, juga diklaim akan mempermudah pelaku bisnis kecil untuk melakukan transaksi keuangan lewat aplikasi oleh pesan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermitra dengan Bank Lokal

"Untuk memungkinkan transaksi, kami mengembangkan Facebook Pay yang menyediakan langkah aman dan konsisten untuk bisa transaksi antarplatform aplikasi kami," kata Zuckerberg.

Sekadar informasi, Zuckerberg juga menyebut, WhatsApp Pay bisa berjalan berkat kolaborasi dengan sejumlah mitra bank lokal. Mereka termasuk Banco do Brasil, Nubank, Sicredi, dan Cielo, pemroses pembayaran merchant di Brasil.

3 dari 3 halaman

Negara Lain Bakal Kebagian WhatsApp Pay

Tak hanya itu, Zuckerberg memastikan bahwa nantinya selain Brasil, lebih banyak negara akan bisa merasakan layanan WhatsApp Pay.

Sebelumnya, Facebook tengah bersiap mengajukan perizinan untuk dapat mengoperasikan layanan pembayaran mobile Facebook Pay di Indonesia. 

Pada praktiknya, menurut sumber Reuters, yang dikutip Selasa (21/4/2020), Facebook menjalin kemitraan dengan tiga pemain industri teknologi keuangan (fintech) Indonesia. 

Tiga perusahaan fintech yang dimaksud adalah penyedia layanan dompet digital (e-wallet) populer, yakni Gopay, OVO, dan LinkAja. 

Terkait hal ini, Bank Indonesia menyebut memang sudah ada beberapa perusahaan lokal yang melakukan pendekatan untuk menjalin kemitraan dengan Facebook Pay. 

"Sejauh ini belum ada yang mengajukan perizinan kemitraan secara formal. Beberapa di antara mereka baru datang untuk berdiskusi saat rapat konsultasi dengan BI (Bank Indonesia)," kata Asisten Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta.

Facebook Pay resmi hadir sebagai sistem pembayaran baru lintas layanan di ekosistem Facebook, mulai dari WhatsApp hingga Instagram.

Perusahaan meyakini kehadiran Facebook Pay akan menyederhanakan transaksi yang berlangsung di ekosistem Facebook. Selain itu, perusahaan menyebut sistem pembayaran ini aman.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.