Sukses

Pengguna Kecewa, Smartphone Samsung Mulai Disisipi Iklan

Para pengguna smartphone Samsung menumpahkan kekecewaannya melalui forum Reddit karena smartphone mereka banyak disisipi iklan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu beredar kabar kalau smartphone Samsung bakal mulai disisipi iklan melalui One UI versi terbarunya.

Kini, mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (13/6/2020), banyak pengguna merasa kesal karena smartphone mereka mulai ada iklannya.

[bacajuga:Baca Juga](4274295 3933938)

Informasi ini diunggah oleh sejumlah pengguna Reddit. Para pengguna Reddit ini mengeluh karena user interface One UI mereka mulai disisipi oleh iklan.

Berdasarkan pencarian, memang di website Reddit cukup banyak pengguna Samsung yang menyebut, smartphone Samsung mereka kebagian iklan. Misalnya iklan mengenai promosi smartphone Samsung terbaru.

Ada juga yang mengeluh, Samsung seri M seperti M20 dan M30 kebagian cukup banyak iklan mengganggu.

Tak hanya itu, ada pengguna Galaxy S8 Plus yang menyebut dirinya mendapatkan iklan di smartphone-nya, padahal Galaxy S8 Plus tergolong merupakan perangkat premium meski dirilis beberapa tahun lalu.

Para pengguna Samsung mengeluhkan di forum Reddit tentang smartphone mereka yang menerima iklan. (Foto: Screenshot)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Iklan Dinilai Mengganggu

Ubergizmo menyebut, iklan-iklan yang muncul juga bukan sekadar iklan kecil yang berbasis tulisan tetapi merupakan iklan dengan tampilan cukup besar dan mengganggu.

Pengguna kecewa karena ada di antara mereka yang sudah membayar lebih dari USD 1.500 untuk sebuah flagship smartphone Samsung tetapi malah tetap dapat iklan ketika mereka mengaktifkan "menerima informasi pemasaran" di bagian Setting.

Meski begitu, banyak juga pengguna yang mengaku tak mengaktifkan fitur menerima informasi pemasaran tetapi masih mendapatkan iklan.

Ubergizmo menyebut, iklan ini tampil berbasis wilayah. Di sejumlah negara, pengguna tak menerima iklan di layar smartphone mereka.

Pengaturan agar tidak mendapatkan informasi marketing dari Samsung (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 3 halaman

Rumor tentang Iklan di Samsung

Sebelumnya, sejumlah rumor yang beredar menyebut Samsung memiliki gagasan untuk menghadirkan iklan di One UI ke beberapa smartphone.

Pendapatan dari iklan ini diharapkan bisa membantu mengimbangi meningkatnya beban biaya smartphone.

Informasi ini berdasarkan pada sebuah gambar dari pembaca yang dibagikan oleh Tizen Help. Diduga, gambar tersebut berasal dari bocoran One UI 2.5.

Bocoran iklan di smartphone Samsung (Foto: Tizen Help)

One UI 2.5 sendiri merupakan antarmuka tampilan Android milik Samsung versi selanjutnya. Demikian dikutip dari Android Authority, Selasa (9/6/2020).

Pada gambar di atas, iklan di layar tersebut merupakan timer. Ppengguna perlu mengetuk iklan One UI atau menunggu selama 15 detik hingga timer habis, untuk bisa membuka kunci smartphone. Diduga, iklan juga terlihat di aplikasi bermerek Samsung.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.