Dirut Telkomsel: Insyaallah Blokir Netflix Dibuka dalam Hitungan Minggu

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Jun 2020, 08:47 WIB
Diperbarui 12 Jun 2020, 08:56 WIB
Setyanto Hantoro, Dirut Telkomsel
Perbesar
Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel. Dok: Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan internet di jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, bakal bisa menikmati layanan on-demand video streaming Netflix sebentar lagi.

Sejak Januari 2016, yakni ketika Netflix pertama hadir di Tanah Air, Telkom Group memutuskan untuk memblokir akses internet mereka terhadap Netflix dengan dalih masalah etik. Saat itu Netflix dianggap tidak mematuhi regulasi pemerintah Indonesia terkait take down konten negatif.

Namun baru-baru ini, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro membocorkan bahwa Netflix sudah banyak berubah. Dalam hal pengawasan orang tua, misalnya, layanan ini menjadi lebih baik dan sudah memiliki take down policy.

"Ini bocoran sedikit, kami memang sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu mengapa Telkom Group dulu tidak memperbolehkan pelanggannya untuk mengakses Netflix itu karena alasan etik. Ada beberapa hal yang memang disepakati pihak Netflix saat ini terkait kebijakan konten," kata pria yang karib disapa Anto dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (12/6/2020) dari diskusi webinar Industri Telekomunikasi Menyambut Normal Baru yang diselenggarakan Tempo.

"Sekarang kami melihat Netflix sudah banyak sekali berubah. Parental control-nya sudah lebih baik, kemudian Netflix sudah lebih banyak bekerja sama dengan produsen konten lokal, kemudian ada take down policy yang jauh lebih baik daripada dulu, sehingga kami sekarang sedang dalam proses untuk secara serius berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, menuju ke arah kami memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari network Telkom," ujar Anto, memberikan penjelasan terkait perubahan sikap Netflix.

Lebih lanjut, ketika ditanya kapan blokir Netflix bakal dibuka oleh Telkom Group, Anto mengatakan, "InsyaAllah dalam hitungan minggu."

2 dari 3 halaman

Tengah Dalam Tahap Pembicaraan

Telkomsel
Perbesar
Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah, bersama jajaran direksi Telkomsel lain saat menjajal wahana showcase di Telkomsel 5G Experience Center, Jakarta. Liputan6.com/Jeko I.R.

Sebelumnya ketika dikonfirmasi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyebut, Telkom Group tengah mempertimbangkan kesanggupan Netflix memenuhi regulasi pemerintah. 

"Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi, terutama mengenai content dan take down policy, dan juga mau lebih memberdayakan produsen konten lokal, maka kami siap untuk membuka Netflix di Indihome maupun Telkomsel," kata Ririek melalui pesan singkat.

Terkait dengan keinginan Telkom Group agar Netflix mau mematuhi regulasi take down dan pemberdayaan produsen konten lokal, Ririek mengaku sudah melihat kemajuan ke arah itu.

"Sudah ada progress ke arah situ. Kami hanya perlu mencari titik temunya," ujar Ririek.

3 dari 3 halaman

Komunikasi Terus Dilakukan

Netflix
Perbesar
Netflix (digitaltrends.com)

Terpisah, VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo menyebut, komunikasi dengan pihak Netflix terus dilakukan.

"Hingga saat ini kami masih tetap membuka komunikasi dengan Netflix untuk sesegera mungkin mematuhi peraturan yang berlaku dan dapat menjalin kemitraan dengan kami," katanya.

Apalagi, menurut Arif, sejauh ini Telkom Group selalu terbuka menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi menyajikan konten berkualitas, asalkan pihak mitra mau memenuhi aturan yang berlaku.

"Seluruh mitra penyedia konten yang telah bekerja sama dengan Telkom Group bersedia memenuhi aturan yang berlaku dan kesepakatan bersama demi menjamin dan melindungi kenyamanan pelanggan," tuturnya.

Pihaknya juga berharap, Telkom Group bisa segera membuka akses Netflix.

"Kami harap demikian (segera buka akses Netflix), dengan catatan jika sudah ada kesepakatan (mengenai pemenuhan konten lokal dan aturan take down)," katanya.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓