Akses Netflix untuk Pelanggan Telkom Group Segera Dibuka?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Jun 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 06 Jun 2020, 10:33 WIB
Netflix
Perbesar
Netflix hadirkan fitur pengawasan untuk sajikan tayangan berkulitas dan aman bagi anak. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bertahun-tahun memblokir Netflix, Telkom Group dikabarkan akan membuka blokir layanan streaming tersebut.

Hal ini dikonfirmasi kepada Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, ketika dihubungi Tekno Liputan6.com, Jumat (5/6/2020) melalui pesan singkat.

Kendati demikian, Ririek menyebut pembukaan akses Netflix oleh Telkom Group tetap mempertimbangkan apakah Netflix mau memenuhi regulasi pemerintah.

"Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi, terutama mengenai content dan take down policy, dan juga mau lebih memberdayakan produsen content lokal maka kami siap untuk membuka Netflix di Indihome maupun Telkomsel," kata Ririek melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, terkait dengan keinginan Telkom Group agar Netflix mau mematuhi regulasi take down dan pemberdayaan produsen konten lokal, Ririek mengatakan, sudah ada kemajuan ke arah itu.

"Sudah ada progress ke arah situ. Kami hanya perlu mencari titik temunya," ujar Ririek.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Mengarah ke Buka Akses Netflix

Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video
Perbesar
Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video. Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay

Dihubungi terpisah, VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo menyebut, komunikasi dengan pihak Netflix terus dilakukan.

"Hingga saat ini kami masih tetap membuka komunikasi dengan Netflix untuk sesegera mungkin mematuhi peraturan yang berlaku dan dapat menjalin kemitraan dengan kami," katanya.

Apalagi, menurut Arif, sejauh ini Telkom Group selalu terbuka menjalin kerja sama dengan berbagai pihak demi menyajikan konten berkualitas, asalkan pihak mitra mau memenuhi aturan yang berlaku.

"Seluruh mitra penyedia konten yang telah bekerjasama dengan Telkom Group bersedia memenuhi aturan yang berlaku dan kesepakatan bersama demi menjamin dan melindungi kenyamanan pelanggan," tuturnya.

Pihaknya juga berharap, Telkom Group bisa segera membuka akses Netflix.

"Kami harap demikian (segera buka akses Netflix), dengan catatan jika sudah ada kesepakatan (mengenai pemenuhan konten lokal dan aturan take down)," katanya.

3 dari 3 halaman

Telkom Blokir Netflix

Telkom Indonesia.
Perbesar
PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom).

Seperti diketahui, Telkom memblokir Netflix pada Januari 2016. Telkom Group memutuskan untuk memblokir Netflix, sehingga pengguna Indihome, WiFi.id, dan Telkomsel dipastikan tidak bisa mengakses layanan video streaming asal Amerika Serikat tersebut.

Pada saat itu, Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan mengatakan, pihaknya memblokir Netflix karena tidak memiliki izin atau tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Kami memblokir Netflix karena tidak memiliki izin dan memuat konten yang tidak diperbolehkan. Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menjunjung tinggi Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,” tegas Dian, Rabu (27/1/2016).

Dian menambahkan, jika Netflix menjalin kerja sama dengan Telkom, maka konten yang mengandung pornografi dan kekerasan bisa tersaring untuk pelanggan IndiHome, wiFi.id, dan Telkomsel.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓