Spotify Hadirkan 9 Podcast Eksklusif Baru untuk Pengguna Indonesia

Oleh Andina Librianty pada 30 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2020, 09:00 WIB
Spotify
Perbesar
Spotify (sumber: spotify.com)

Liputan6.com, Jakarta - Spotify mengumumkan daftar terbaru podcast Indonesia yang akan tersedia secara eksklusif bagi penggunanya. Ini sekaligus merupakan bagian dari fokus perusahaan untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia.

Sembilan podcast baru ini dibawakan oleh artis dan trendsetter Indpnesia. Podcast tersebut terdiri dari BKR Brothers, Makna Talks, DESTAnya Siapa?, Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk, Podcast Malam Kliwon, Rintik Sedu, Teman Tidur, Kinosgina, dan Thirty Days of Lunch.

Ini merupakan gelombang kedua Podcast Eksklusif Spotify yang diumumkan di Indonesia pada 2020.

Sebelumnya, Spotify pada Februari telah menggandeng beberapa podcast seperti seperti PODKESMAS, Rapot, Podcast Raditya Dika, Do You See What I See, dan Suara Puan sebagai bagian dari podcast eksklusif.

"Podcast di Indonesia bisa dibilang salah satu yang paling menarik di dunia saat ini, jumlah pengguna yang mencari dan mendengarkan podcast pun terus bertambah. Hal ini berkat konten luar biasa yang diproduksi oleh para podcaster Indonesia, dan banyak d iantaranya telah bergabung menjadi Podcast Eksklusif Spotify," kata Spotify’s Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte, dalam keterangan resminya.

2 dari 3 halaman

Respons Para Podcaster

Spotify
Perbesar
Spotify. (Foto: Spotify)

Pencipta sekaligus host Makna Talks, Iyas Lawrence, mengatakan, "Saya sangat senang menjadi bagian dari Podcast Eksklusif Spotify. Spotify memungkinkan podcast kami didengarkan, tidak hanya di Indonesia tetapi di negara-negara lain di seluruh dunia yang memiliki pendengar yang dapat berbahasa Indonesia. Kemitraan ini menjadi motivasi besar bagi saya untuk terus menciptakan konten inspirasional untuk para pendengar."

Host di balik Rintik Sedu, Nadhia Aliya Tsana, mengungkapkan kehadiran Spotify sangat memudahkan proses pembuatan dan pendistribusian podcast.

"Ini adalah alat yang sederhana bagi siapa pun yang ingin mulai membuat podcast. Rintik Sedu adalah tentang bercerita dan saya harus mampu 'membawa' para pendengar ke dalam suatu perjalanan. Oleh karena itu, semakin sedikit saya menghabiskan waktu untuk aspek teknis, akan semakin baik untuk saya. Dan Anchor memungkinkan saya untuk melakukan itu," katanya.

3 dari 3 halaman

Dukung Industri

Indonesia memiliki jumlah pendengar podcast terbanyak di Spotify untuk wilayah Asia Tenggara. Lebih dari 20 persen pengguna di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari persentase rata-rata global. Pertumbuhan yang pesat ini disebut karena dukungan Anchor, yaitu perusahaan milik Spotify yang membuat siapa pun bisa memproduksi dan mendistribusikan podcast dari perangkat apa pun secara gratis.

Sembilan podcast yang diumumkan ini memproduksi konten podcast mereka menggunakan Anchor. Spotify saat ini memiliki lebih dari 1 juta judul podcast, serta tersedia untuk pengguna gratis dan premium.

(Din/Why)

Lanjutkan Membaca ↓