Sukses

Sony Gelar Acara Virtual pada 3 Juni, Ungkap Bentuk Konsol PS5?

Sony rencananya akan mengelar acara PlayStation pada 3 Juni, akan ungkap informasi tentang konsol PS5?

Liputan6.com, Jakarta - Sony masih menyimpan rapat bentuk PlayStation 5 (PS5) atau deretan gim yang akan meluncur di konsol penerus PS4 tersebut.

Namun, hal tersebut akan berubah dalam waktu dekat. Berdasarkan laporan Bloomberg, Kamis (28/5/2020), Sony rencananya akan mengelar acara PlayStation pada 3 Juni.

Walau acara virtual tersebut masih tentatif, perusahaan asal Jepang itu akan fokus pada menampilkan deretan judul gim apa saja yang akan meluncur di PS5.

Berhubung informasi tentang gim PS5 sangat minim, pengumuman ini kemungkinan akan memperlihatkan sebagian besar, jika tidak semua, gim apa saja yang akan meluncur di konsol generasi mendatang itu.

Satu hal yang pasti, acara virtual PS5 pada 3 Juni itu masih bersifat tentatif dan dapat berubah dalam kurun waktu seminggu lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengganti Acara E3 2020

Sony umumkan logo konsol PS5 di CES 2020. (Doc: Sony)

Berdasarkan dari tanggalnya, acara virtual ini digelar Sony sebagai pengganti event perusahaan yang akan diadakan pada saat E3 2020.

Sony sendiri sudah mengumumkan, mereka tidak akan menghadiri E3 pada tahun ini jauh sebelum diumumkannya status pandemi global Covid-19.

Terlepas dari hal itu, sekarang yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah Sony akan menggunakan acara ini atau tidak untuk mengungkap konsol PS5 pertama kalinya.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5

DualSense, kontroler PS5. (Doc: PlayStation blog)

Setelah berbagai prediksi dan rumor beredar di internet, PS5 disebut akan dilengkapi dengan prosesor delapan inti AMD Zen 2 berkecepatan 3.5GHz, sebagaimana dikutip dari The Verge, Kamis (19/3/2020).

Untuk mendongkrak performa konsol penerus PS4 ini, Sony juga menyertakan GPU AMD RDNA 2 yang dibuat khusus, RAM GDDR6 16GB, dan SSD 825GB yang diklaim mampu memproses waktu loading di dalam gim lebih cepat.

Salah satu peningkatan terbesar di PS5 yang sudah diketahui sejak tahun lalu, yaitu kemampuan untuk menambah kapasitas media penyimpanan ke SSD.

Tak hanya sebatas ke perangkat SDD, PS5 juga memiliki dukungan drive USB (yang didesain untuk fitur kompatibilitas gim-gim PS4).

PS5 juga sudah memiliki dukungan drive 4K Blu-ray dan juga mendukung format disc biasa, tetapi gim-gim tersebut membutuhkan proses instalisasi ke SSD.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.