Sukses

Viral di Media Sosial, Begini Tutorial Virtual Photoshoot Pakai Smartphone

Virtual photoshoot ternyata bisa juga dilakukan menggunakan smartphone. Kualitas foto yang dihasilkan pun tak kalah bagus dari kamera profesional.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang tren selama di rumah aja saat pandemi Covid-19 adalah sesi pemotretan secara virtual. Aktivitas tersebut juga dikenal dengan istilah virtual photoshoot. 

Dikatakan pemotretan virtual karena sesi pengambilan fotonya dilakukan dari jarak jauh menggunakan media laptop atau PC. Biasanya, klien dan fotografer akan mengadakan video call terlebih dahulu. Kemudian fotografer akan mengambil gambar modelnya melalui layar laptop.

Beberapa publik figur turut meramaikan tren tersebut dengan mengunggah hasil virtual photoshoot mereka ke media sosial, seperti  penyanyi Afgansyah Reza, Raisa Andriana, influencer Rachel Vennya, hingga aktris senior Sophia Latjuba.

Tak hanya menggunakan kamera profesional, ternyata sesi foto virtual ini bisa juga dilakukan pakai smartphone lho. Meskipun hanya bermodalkan smartphone, kualitas foto yang dihasilkan nggak kalah bagus.

Lalu, apa saja langkah-langkah untuk melakukan virtual photoshoot menggunakan smartphone? Simak ulasannya berikut ini.

Saksikan videonya berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah-Langkah Virtual Photoshoot Menggunakan Smartphone

1. Harus ada model foto

Hal pertama yang pasti dibutuhkan adalah model. Kemudian, arahkan gaya model tersebut melalui video call.

2. Siapkan laptop dan smartphone

Dalam melakukan aktivitas video call, pastikan kamu menggunakan perangkat seperti laptop atau PC. Hal itu agar kamu memiliki bidang yang cukup untuk memotret saat sesi pengambilan gambar. Tak lupa juga, siapkan smartphone sebagai senjata untuk kamu memotret.

3. Pastikan koneksi internet stabil

Karena prosesnya melalui video call, salah satu unsur penting dalam virtual photoshoot ini adalah koneksi internet yang optimal. Selain itu, dibutuhkan koneksi internet yang baik agar kualitas gambar yang dihasilkan tidak pecah. Jadi, pastikan koneksi internet kamu dan model cukup stabil ya.

4. Siapkan properti foreground

Supaya pixel layar laptopmu tidak terlalu terlihat, sebaiknya siapkan properti tambahan untuk foreground. Istilah foreground biasanya diartikan sebagai latar yang letaknya di depan objek. Jika kamu pernah mengenal istilah background, maka pengertian foreground ini adalah kebalikannya.

Alat-alat yang bisa dijadikan sebagai properti foreground cukup sederhana dan bisa ditemukan di rumah, seperti plastik bening, gelas, bubble wrap, dan lain-lain.

5. Ekseskusi virtual photoshoot

Kalau semuanya sudah siap, kamu tinggal eksekusi saja. Arahkan gaya modelnya sesuai kreativitasmu. Tak hanya itu, spot yang apik dan pencahayaan yang baik juga akan menentukan hasil fotomu.

Ingin tahu tips melakukan virtual photoshoot lebih jauh lagi? Simak tutorial lengkapnya di channel BhinnekaCom yang ada di Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.