Sukses

Dian Sastrowardoyo Andalkan Galaxy S20 Ultra untuk Bikin Konten saat WFH

Tinggal di rumah untuk memutus penyebaran Covid-19, tidak membuat Dian Sastrowardoyo berhenti menciptakan konten-konten menarik menggunakan Galaxy S20 Ultra kesayangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, tidak membuat Dian Sastrowardoyo berhenti menciptakan konten-konten menarik. Baik itu yang diunggah ke media sosial maupun foto yang rencananya akan ditampilkan sebagai sampul majalah.

Uniknya, Dian Sastrowardoyo membuat semua konten video maupun photoshoot untuk sampul majalah berbekal Galaxy S20 Ultra miliknya.

Sejumlah konten hasil karya Dian Sastrowardoyo bahkan diunggah ke akun Instagram, baik itu di feed maupun stories.

Salah satunya, lewat sebuah konten video yang diunggah di Instagram @therealDiSastr. Pemeran Cinta di film "Ada Apa Dengan Cinta?" ini hendak menyampaikan pesan positif kepada para pengikutnya. Namun, menurutnya, ada bagian lain dari kehidupan seorang public figure yang kadang juga rapuh atau merasa tidak baik-baik saja.

"Kalau hanya ditunjukkan yang bagus-bagus saja, itu tidak baik untuk komunitas, padahal sangat normal untuk merasa tidak baik-baik saja. Apalagi dengan kondisi tidak bisa keluar rumah. Di sini aku mencoba terbuka bahwa sebagian hidupku tidak semua happy," kata Dian dalam sesi livestreaming bersama Samsung Indonesia, Rabu (20/5/2020).

Di video tersebut, dia menampilkan kondisi dirinya apa adanya. Misalnya ketika dia tengah merenung dan ada pula momen saat dia menangis yang terekam dalam video. Semuanya terekam apik dan sinematografi dramatis dalam video yang diunggah pada 2 Mei 2020.

Latar yang dipilih Dian Sastrowardoyo pun begitu indah, lengkap dengan detail benda-benda di rumahnya.

Dian menyebut, video itu dia ambil seorang diri. Dian menampilkan kepiawaiannya menjadi talent, make up artist, penata rambut, busana, lampu, sutradara, penulis script, hingga jadi kameramen. Dian pun tidak menyangka konten ciptaannya yang direkam video yang diambil dari Galaxy S20 Ultra bisa begitu bagus dan mendapat banyak apresiasi.

"Semuanya diproduksi di rumah, semuanya shoot sendiri dan aku yang men-shoot," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Fitur di Galaxy S20 Ultra

Dalam membuat kontennya, Dian pun menyebut gemar menggunakan fitur super steady versi terbaru.

"Saya sangat terbantu dengan fitur super steady 2.0 untuk transisi gambar, kalau tidak menggunakan fitur itu, mungkin orang nontonnya tidak nyaman," katanya.

Dian Sastrowardoyo pun berbekal tripod untuk membantunya mengambil gambar. Sebelumnya, dia sudah memilih sudut mana yang kira-kira akan diambil gambarnya.

Selama membuat video ini, Dian dibantu Benny Lim yang juga tim Galaxy. Dian pun harus merelakan waktu tidurnya untuk bisa mengambil latar cahaya yang dibutuhkan.

"Syutingnya selama lima hari, jadi kalau kurang stok, harus shoot lagi. Biasanya syuting dilakukan dari setelah sahur hingga pukul 10 pagi karena saat itu kondisi rumah sepi dan yang lain masih tidur," ujarnya.

Dian pun mengatakan, salah satu hal penting dalam membuat konten adalah mengetahui tiap sudut rumah yang akan dijadikan latar dan memperkuat story telling agar pesan yang disampaikan sampai ke penonton.

3 dari 3 halaman

Tips Bikin Konten di Rumah dengan Galaxy S20 Ultra

Dian pun memberikan sejumlah tips membuat konten di rumah. Pertama, kata Dian, kreator harus peka dan menyadari detail kecil di rumah bisa jadi terlihat indah. Misalnya, daun yang tengah tertiup angin atau terpaan sinar matahari di jendela.

"Kalau kita bisa menemukan itu, hal-hal sederhana bisa menjadi konten yang bermakna tetapi tetap harus nyambung dengan pesan yang ingin disampaikan," tuturnya.

Tips kedua dari Dian Sastrowardoyo adalah mengenal Galaxy S20 Ultra yang dipakai untuk merekam konten. Mulai dari kamera, fitur-fitur yang dimiliki, hingga mempelajari pembuatan konten video dengan mode Pro.

"Saya sempat oprek mode Pro video, mengatur white balance-nya, shutter-nya, itu semuanya bisa diatur," kata Dian Sastrowardoyo.

Lebih lanjut, Dian Sastrowardoyo juga menyebut, penting agar pembuat konten terus berekspresi dan membebaskan diri.

"Untuk video, gunakan fitur super steady coba untuk mengambil gambar dengan bergerak, be wild saja. Agar lebih personal, coba ambil gambar dalam gerak atau ubah arah pandang," katanya.

Dian pun mengatakan, semakin personal konten tersebut, makin original lah hasil akhirnya.

Tak lupa, Dian juga memanfaatkan kamera selfie dalam mengambil video. "Dengan kamera selfie 64MP dan bisa merekam 4K, untuk tayang di Netflix masih bisa masuk," katanya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini