Sukses

Muncul Situs Prakerja Alternatif dengan Konten Gratis

Situs yang beralamat di prakerja.org itu secara tegas menyatakan diri sebagai "bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja."

Liputan6.com, Jakarta - Program Pelatihan Kartu Prakerja sempat menuai polemik terutama karena banyak pihak menilai konten dan pelatihan di dalamnya tidak setara dengan biaya yang dibebankan. Bahkan, banyak di antara pelatihan serupa bisa ditemukan gratis di Internet.

Belum lagi, anggaran senilai Rp 5,6 triliun untuk pelatihan Kartu Prakerja dinilai pemborosan. Sebagian lainnya menyangsikan mekanisme pemilihan mitra pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan tersebut.

Menanggapi polemik-polemik tersebut, muncul situs prakerja alternatif. Situs yang beralamat di prakerja.org itu secara tegas menyatakan diri sebagai "bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Prakerja."

Lebih lanjut, melalui beberapa twit dan utas di akun Twitter @PRAKERJAorg, kehadiran situs ini disebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa "sangat banyak alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan secara gratis."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konten

Menurut pantauan Tekno Liputan6.com, sejauh ini sudah ada 5 kategori utama di situs prakerja alternatif ini, yaitu:

1. Wirausaha dan Ide Bisnis

2. Pengembangan Diri

3. Bisnis dan Keuangan

4. Teknologi dan Software

5. Bisnis Digital

3 dari 3 halaman

Contoh pelatihan

Pelatihan-pelatihan di prakerja.org merupakan hasil kurasi dari konten-konten video di YouTube. 

Di kategori Teknologi dan Software, misalnya, ada seri video pelatihan dari Codepolitan mengenai CSS (Cascading Style Sheets) yang biasanya digunakan untuk mempercantik halaman web. Ada pula seri video pelatihan tentang Robotika dari Jago Robotika dan seri video pelatihan tentang PHP dari Keylearn.

Sementara itu, di kategori Bisnis dan Keuangan antara lain kamu akan mendapati video pelatihan tentang saham dan manajemen keuangan. Buat kamu yang mungkin penasaran, kamu bisa cari pelatihan di prakerja.org yang mungkin sesuai dengan minat kamu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini