Sukses

Password Manager Bikin Informasi Login Semakin Aman

Password manager merupakan salah satu layanan penting untuk menyimpan kata sandi dengan aman. Saat ini ada banyak pppassword manager yang bisa digunakan, gratis dan berbayar.

Liputan6.com, Jakarta - Password manager merupakan salah satu layanan penting untuk menyimpan kata sandi dengan aman. Saat ini ada banyak password manager yang bisa digunakan, gratis dan berbayar.

Password manager pada dasarnya adalah brankas digital terenkripsi yang menyimpan informasi login untuk mengakses berbagai aplikasi di perangkat mobile, situs web, dan layanan internet lain.

Pengamat Keamanan Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengungkapkan penggunaan password manager dapat membuat informasi login menjadi lebih aman dan mudah.

"Fungsi password manager ini untuk mengingat kata sandi kita. Jadi misalnya ketika login ke Facebook, kita tidak perlu mengingat kata sandinya, cukup kata sandi dari password manager yang digunakan," tutur Alfon dalam Zoom meeting dengan Liputan6.com pada Rabu (20/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keamanan Kuat

Selain itu, password manager juga memiliki fitur keamanan yang baik mengingat banyak data penting disimpan di dalamnya. Data-data tersebut, kata Alfons, dienkripsi sedemikian rupa sehingga tidak mudah diretas oleh penjahat siber.

Ia pun menganjurkan untuk individu yang memiliki akun online menggunakan password manager. Menurutnya, jangan hanya mengandalkan fitur keamanan seperti pemindai sidik jari dan PIN.

Salah satu password manager yang disarankan adalah Bitwarden. Open source password manager tersebut bisa digunakan secara gratis.

"Sidik jari dan PIN itu masuk keamanan kelas dua, jadi kita perlu ada password manager. Bitwarden bisa menjadi salah satu opsi karena dari segi keamanan bagus, saya juga sudah lama pakai itu," katanya.

3 dari 3 halaman

Alasan Pakai Password Manager

Alfons mengungkapkan ada beberapa alasan harus menggunakan password manager. Pertama, layanan ini akan sangat berguna jika pengguna memiliki banyak akun di berbagai layanan online. Hal ini karena dengan password manager, pengguna akan lebih mudah login tanpa harus memasukan berbagai password berbeda di tiap layanan.

Selain itu, kata sandi di layanan password manager juga memiliki keamanan yang baik. Data yang disimpan di dalamnya juga dienkripsi.

"Bisnis utama Bitwarden dan sejenisnya adalah keamanan, jadi mereka pasti perkuat itu. Akan sangat sulit menjebol database mereka, dan datanya juga sangat dienkripsi," jelas Alfons.

Alasan lain, layanan ini sangat berguna jika pengguna sering lupa kata sandi dan sering menggantinya. Penggunaannya pun biasanya cukup mudah.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini