Aplikasi Google di Android dan iOS Kini Punya Tampilan Dark Mode

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 21 Mei 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 13:00 WIB
Google dark mode

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Google mobile kini mendapatkan tampilan dark mode atau mode gelap. Tampilan dark mode aplikasi Google mobile bisa dinikmati oleh pengguna Android ataupun iOS.

Para pengguna Android dan iOS bakal mulai mendapatkan update ini secara bertahap per akhir minggu ini.

Mengutip laman The Verge, Kamis (21/5/2020), setelah memperbarui aplikasi, Google mobile secara otomatis akan menggunakan tema pada sistem operasi yang dipilih pengguna, jika kamu memakai Android atau iOS 13.

Menurut Google, fitur dark mode ini mulai digulirkan hari ini. Namun pengguna di seluruh dunia kemungkinan baru menerima pembaruan Google mobile setelah minggu ini.

Selain opsi tampilan otomatis, pengguna juga mengatur tampilan dark mode atau tampilan terang secara manual, melalui pengaturan aplikasi. Pengaturan manual ini bisa dilakukan pengguna sistem operasi versi lebih lawas.

Nah, jika tampilan dark mode sudah tersedia di smartphone kamu, kamu bisa melihat pop-up di bagian bawah layar yang menyoroti tema dark mode sudah bisa diakses.

2 dari 3 halaman

Terlambat Setahun

Google dark mode
Google menghadirkan tampilan dark mode di aplikasi Google mobile untuk Android dan iOS (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Terlepas dari kehadirannya, peluncuran penuh untuk dark mode di semua aplikasi Google dikabarkan terlambat sekitar 1 tahun.

Disebutkan, aplikasi Gmail, Google Calendar, dan Google Fit kini sudah menambahkan dark mode di Android. Selain itu, sejumlah pengguna iOS juga mulai kedapatan dark mode untuk aplikasi-aplikasi di atas.

Meski begitu, Google Maps masih belum didukung tampilan dark mode.

Sebagaimana diketahui, memang dalam beberapa tahun terakhir, ada lebih banyak perusahaan teknologi yang mulai menambahkan fitur penghemat baterai salah satunya dengan dark mode.

3 dari 3 halaman

Dark Mode di Aplikasi Lainnya

Tampilan Facebook Baru
Cara mengaktifkan dark mode pada Facebook (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Facebook beberapa waktu lalu menghadirkan tampilan dark mode secara global sekaligus mendesain ulang tampilan website ke versi baru.

Sementara, akhir Maret lalu, WhatsApp menghadirkan mode gelap di aplikasinya pada platform Android dan iOS.

Selain itu, komputer dan sejumlah konsol gim juga telah menawarkan dark mode serupa.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓