Sukses

Ini 4 Langkah Facebook Bantu Atasi Pandemi Covid-19

Facebook dan perusahaan-perusahaan teknologi lain turut bergerak aktif membantu mengurangi penyebaran pandemi Covid-19. Langkah yang dilakukan termasuk memberikan edukasi dan bantuan dana.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dan perusahaan-perusahaan teknologi lain turut bergerak aktif membantu mengurangi penyebaran pandemi Covid-19. Langkah yang dilakukan termasuk memberikan edukasi dan bantuan dana.

"Ada banyak hal yang kami lakukan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 ini. Kami terus melakukan berbagai cara," ungkap Manajer Kampanye Kebijakan untuk Facebook di Indonesia, Noudhy Valdryno, melalui Facebook Live pada Selasa (19/5/2020).

Ryno mengungkapkan setidaknya ada empat program Facebook. Pertama, dengan terus memberikan informasi akurat kepada para pengguna.

Dalam hal ini termasuk mencantumkan pesan-pesan kesehatan dari organisasi kesehatan dunia termasuk World Health Organization (WHO), dan juga Kementerian Kesehatan (Kesehatan).

Langkah kedua yaitu terus berusaha memutus rantai misinformasi. "Kami terus meningkatkan tim untuk mengatasi misinformasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kami juga terus menambah mitra pengecek fakta pihak ketiga," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Dana

Langkah ketiga yaitu memberikan dukungan untuk tenaga kesehatan. Ryno mengatakan Facebook telah beberapa kali mengucurkan dana termasuk untuk WHO.

"Ada beberapa dukungan dana. Salah satunya itu sebesar USD 10 juta," kata Ryno.

3 dari 3 halaman

Bantu UMKM

Salah satu pihak yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Facebook dan unit bisnisnya yang lain berusaha untuk terus membantu para pelaku UMKM.

"Kami juga terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk UMKM. di Instagram, misalnya, pengguna kini bisa langsung memesan makanan dari Instagram Story, sehingga itu memudahkan mereka," ungkap Ryno.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini