Ini 4 Langkah Facebook Bantu Atasi Pandemi Covid-19

Oleh Andina Librianty pada 19 Mei 2020, 12:43 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 12:43 WIB
Ilustrasi Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dan perusahaan-perusahaan teknologi lain turut bergerak aktif membantu mengurangi penyebaran pandemi Covid-19. Langkah yang dilakukan termasuk memberikan edukasi dan bantuan dana.

"Ada banyak hal yang kami lakukan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 ini. Kami terus melakukan berbagai cara," ungkap Manajer Kampanye Kebijakan untuk Facebook di Indonesia, Noudhy Valdryno, melalui Facebook Live pada Selasa (19/5/2020).

Ryno mengungkapkan setidaknya ada empat program Facebook. Pertama, dengan terus memberikan informasi akurat kepada para pengguna.

Dalam hal ini termasuk mencantumkan pesan-pesan kesehatan dari organisasi kesehatan dunia termasuk World Health Organization (WHO), dan juga Kementerian Kesehatan (Kesehatan).

Langkah kedua yaitu terus berusaha memutus rantai misinformasi. "Kami terus meningkatkan tim untuk mengatasi misinformasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kami juga terus menambah mitra pengecek fakta pihak ketiga," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan Dana

Ilustrasi Facebook
Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

Langkah ketiga yaitu memberikan dukungan untuk tenaga kesehatan. Ryno mengatakan Facebook telah beberapa kali mengucurkan dana termasuk untuk WHO.

"Ada beberapa dukungan dana. Salah satunya itu sebesar USD 10 juta," kata Ryno.

3 dari 3 halaman

Bantu UMKM

Salah satu pihak yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Facebook dan unit bisnisnya yang lain berusaha untuk terus membantu para pelaku UMKM.

"Kami juga terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk UMKM. di Instagram, misalnya, pengguna kini bisa langsung memesan makanan dari Instagram Story, sehingga itu memudahkan mereka," ungkap Ryno.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓