Sukses

Tak Ada Mudik, Begini Kesiapan Jaringan XL Axiata pada Lebaran Tahun Ini

Meski tidak ada tradisi mudik seperti tahun-tahun sebelumnya, XL telah mempersiapkan jaringan Ramadan sejalan dengan persiapan jaringan menghadapi kegiatan work from home saat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengungkapkan kesiapan jaringan menghadapi Idul Fitri tahun 2020.

Menurut Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, meski tidak ada tradisi mudik seperti tahun-tahun sebelumnya, XL telah mempersiapkan jaringan Ramadan sejalan dengan persiapan jaringan menghadapi kegiatan work from home saat pandemi Covid-19.

"Jadi Covid-19 dan Ramadan sudah mix, apa yang dilakukan saat mengantisipasi Covid, sudah kita masukkan juga (persiapan) Ramadan," kata Gede, dalam konferensi pers livestreaming XL Axiata usai RUPS, Senin (18/5/2020).

Gede mengatakan, meski tidak ada tradisi mudik seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata tetap memperkuat jaringan mereka di daerah tujuan mudik, terutama di Jawa Tengah.

"Yang khusus di Jawa Tengah, jaringan diperkuat melalui beberapa mobile BTS digelar di sejumlah tempat. Biarpun saat ini ada larangan mudik sebagian orang sudah pulang kampung di awal work from home," kata Gede.

Apalagi, beberapa hari lalu, pemerintah juga menerapkan relaksasi pulang kampung dan Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan.

"Kemarin ada relaksasi pulang kampung, sudah ada yang mulai, Jawa Tengah terutama ada trend (kenaikan trafik), kami juga tambah jaringan khusus dan antisipasi jika mereka (pelanggan) pulang kampung dan dan tidak kembali. Oleh karena itu, kami harus tetap hadirkan jaringan di sana," ujar Gede, memberikan penjelasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Uji Jaringan di Tol dan Pelabuhan

Menurut Gede, tim XL Axiata juga tetap melakukan persiapan antisipasi kepadatan dengan melakukan pengujian jaringan di tol seperti tahun-tahun sebelumnya, juga di pelabuhan, masjid, dan tempat ramai lainnya.

"Karena memang ini adalah salah satu program Lebaran dari tahun ke tahun, jadi tetap dilakukan antisipasi kepadatan jaringan," tutur Gede.

3 dari 3 halaman

Masyarakat Mudik Lebih Cepat

Hal inipun terbukti karena masyarakat sudah mudik lebih cepat ketimbang Lebaran tahun sebelumnya.

"Jadi dari awal work from home, banyak masyarakat yang sudah mudik dibandingkan lebaran tahun sebelumnya. Jadi intinya, apapun yang XL persiapkan saat WFH dimulai juga mengkover jaringan saat Lebaran," katanya.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.