Startup Edutech Lokal Ini Tawarkan Training Online bagi Profesional

Oleh Iskandar pada 16 Mei 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 18:00 WIB
Khrisna Ramadan, Founder dan CEO Mikkha
Perbesar
Khrisna Ramadan, Founder dan CEO Mikkha. Dok: Mikkha

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, baik individu maupun perusahaan, menghadapi banyak kendala dalam mendapatkan fasilitas training online dengan konten beragam.

Mulai dari biaya yang besar, keterbatasan tempat, waktu dan jangkauan untuk belajar, serta kesempatan untuk sharing knowledge yang minim sehingga dapat menghambat proses pengembangan diri secara profesional.

Khrisna Ramadan, Founder dan CEO Mikkha menuturkan, perusahaan pun terkadang mengeluhkan adanya kendala dalam melakukan pengembangan SDM karyawan, dengan jumlah karyawan yang cukup besar dan tersebar di berbagai lokasi.

Dengan demikian, budget yang dibutuhkan sangat besar dan kesulitan mencari trainer mumpuni dalam mengeksekusi kegiatan training.

"Melalui platform Mikkha, kami berharap dapat membantu mereka memanfaatkan peluang berbagi ilmu sehingga dapat memiliki penghasilan dengan mengajar secara online. Platform ini juga dapat menjadi one stop learning marketplace untuk profesional dan perusahaan," ujar Khrisna melalui keterangannya, Sabtu (16/5/2020).

Ia mengklaim, fitur yang terdapat pada Mikkha memudahkan pengguna dalam memberikan serta mendapatkan pelatihan terbaik dengan dukungan fungsi assesment.

Juga memiliki kemampuan untuk berbagi dokumen di kelas dengan format doc, pdf, ppt, fitur berbagi konten, dan sesi interaktif live streaming yang memungkinkan pengguna dapat berbicara langsung antara trainer dan peserta.

Di samping itu, startup edutech ini memiliki sistem pembayaran yang terenkripsi sehingga membantu pengguna untuk memonetisasi konten.

 

2 dari 3 halaman

Targetkan 1 Juta Pengguna

Siapa pun dapat menggunakan platform Mikkha, baik individu maupun organisasi, di mana dapat menghemat biaya pada infrastruktur teknis dalam menyampaikan training dan monitoring kepada seluruh karyawan secara interaktif live streaming, karena platform ini menyediakan alat untuk berkolaborasi dari lokasi yang berbeda.

Pada organisasi, internal trainer/instruktur dapat login, menjadwalkan dan menyampaikan kelas online secara real time ke sejumlah peserta tanpa batas di seluruh dunia dalam kelas training online pribadi.

”Kami menargetkan 1 juta pengguna dalam kurun waktu 2 tahun, semoga terget besar ini tidak terlalu muluk dan bisa kami capai. Tetap optimistis terhadap masa depan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, terlebih pada sektor pendidikan berbasis digital,” tutur Khrisna.

Ia menambahkan, Mikkha memberikan jaminan keamanan serta kontrol akses ke materi dan konten lainnya.

3 dari 3 halaman

Fitur Unggulan Mikkha

Beberapa fitur unggulan Mikkha yang membuat pembelajaran online menjadi lebih efektif di antaranya:

• Sesi Video Langsung: Berinteraksi tatap muka secara online antara trainer dan peserta melalui video live dengan tambahan fitur alat kolaborasi seperti chat, polling dan kemampuan breakout room.

• White Board: Trainer dapat menggunakan papan tulis untuk menggambarkan, membuat anotasi, dan mendemonstrasikan poin-poin penting

• Ruang Kelas Virtual Real Time: Pengguna dari berbagai lokasi dapat berpartisipasi secara real time di kelas virtual ini

• Berbagi Konten: Pengguna dapat mengunggah dan mengunduh bahan presentasi dalam format apa pun (PowerPoint, PDF, dokumen, dan video)

• Berbagi Layar : Pengguna bisa membagikan layar kepada peserta untuk presentasi

• Manajemen Pengguna: Mengelola banyak peserta dan trainer untuk menyampaikan dan menjadwalkan kelas

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓