Sukses

Ramai Seller Jual Surat Bebas Covid-19 di e-Commerce, Ini Kata Tokopedia

Tokopedia menyebut, pihaknya berupaya memastikan berbagai produk yang dijual di platformnya sudah seusai dengan aturan yang berlaku, baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul, maupun deskripsi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar tangkapan layar surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat Rumah Sakit dijual di sejumlah e-commerce. Tokopedia pun memberikan tanggapan atas masalah ini.

Melalui keterangan resmi, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia terus berupaya memastikan berbagai produk yang dijual di platform-nya sudah seusai dengan aturan yang berlaku, baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul, maupun deskripsi.

"Jika ada penjual yang melanggar, Tokopedia berhak melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta tindakan lain sesuai prosedur," kata Ekhel, Kamis (14/5/2020).

Ekhel menambahkan, "Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur." Lebih lanjut menurutnya, sebagai upaya menciptakan peluang bagi para penjual di Indonesia, Tokopedia bersifat user generated content (UGC).

Artinya, setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.

Meski UGC bermanfaat, Ekhel menyebut, Tokopedia tetap harus melakukan aksi proaktif untuk menjaga norma dan hukum yang berlaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbau Pengguna Laporkan

"Kami juga mengimbau masyarakat agar dapat melaporkan produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia, langsung dari fitur Laporkan yang ada di setiap halaman produk," katanya.

Sementara itu, menanggapi isu kesehatan global yang saat ini terjadi, Tokopedia menyebut, pihaknya turut berempati dan mengimbau masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Untuk itu, demi memudahkan masyarakat mendapatkan produk kesehatan sesuai kebutuhan dengan lebih efisien, Tokopedia mengadakan kampanye 'Tokopedia Peduli Sehat' (https://www.tokopedia.com/discovery/tokopedia-peduli-sehat).

Ekhel menegaskan, kini Tokopedia sedang fokus membantu pemerintah menanggulangi COVID-19. Untuk itu, segala inisiatif yang dilakukan ditujukan untuk meminimalisir dampak pandemi terhadap negeri, termasuk dari sisi ekonomi.

Salah satu yang baru saja diumumkan adalah terkait beragam program Tokopedia dalam mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanLokal.

Tujuannya adalah mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

3 dari 3 halaman

Heboh Surat Bebas Covid-19 Dijual di Internet

Tangkapan layar surat sehat bebas Covid-19 yang dijual di eCommerce menjadi pembicaraan.

Menurut tangkapan layar tersebut, surat sehat bebas Covid-19 dengan kop surat salah satu rumah sakit swasta dijual dengan harga Rp 70.000 saja.

Kami melakukan penelusuran dengan kata kunci "surat sehat bebas covid" di agregator eCommerce platform, iPrice. 

Platform itu membantu kami karena cukup satu pencarian di iPrice, kami akan mendapati hasil dari suatu kata kunci dari banyak eCommerce platform mulai dari Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan lain-lain yang telah diagregasi oleh iPrice.

Ternyata, penelusuran dengan kata kunci "surat sehat bebas covid" tidak membuahkan hasil apa pun. Artinya, tidak ada satu pun iklan yang menjual produk surat sehat bebas covid ini.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini