Sukses

Pendiri Facebook Ikut Suntik Dana dan Jadi Dewan Direksi Kopi Kenangan

Selain memberikan dana segar, Eduado Saverin yang merupakan salah satu pendiri Facebook akan ikut masuk dalam jajaran dewan direksi (BOD) Kopi Kenangan.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan kedai kopi lokal, Kopi Kenangan, mendapatkan suntikan dana sebesar USD 109 juta (setara Rp 1,6 triliun) dalam pendanaan seri B yang dipimpin oleh Sequoia Capital.

Investor lain yang ikut serta dalam pendanaan ini adalah perusahaan modal ventura B Capital yang didirikan oleh co-founder Facebook Eduardo Saverin, Horizon Venture yang berbasis di Hong Kong, Verlinvest, Kunlun, perusahaan investasi Belgia Sofina, dan Alpha JWC Venture.

Eduado Saverin yang merupakan salah satu pendiri Facebook akan ikut masuk dalam jajaran dewan direksi (BOD) Kopi Kenangan. Tujuan utamanya adalah untuk "membangun merek global dengan cita rasa Indonesia dan Asia Tenggara." Demikian sebagaimana dikutip dari Business Times, Kamis (14/5/2020).

Rencananya modal ini akan digunakan untuk menumbuhkan operasinya di Indonesia. Kopi Kenangan juga berencana meluncurkan produk baru dan berinvestasi dalam teknologi dan sumber daya untuk melindungi karyawan di tengah pandemi Covid-19.

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengakui, sulit untuk mengetahui kapan bisnis akan kembali normal.

"Namun ketika itu terjadi, itu akan terlihat berbeda. Sebegai startup yang sedang tumbuh, kami beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan," kata Edward.

Beberapa adaptasi yang dilakukan, misalnya penjualan tanpa kontak dan standar kebersihan yang baik di seluruh kedai.

Kopi Kenangan sendiri didirikan pada 2017 dengan tujuan untuk mengisi pasar kelas menengah antara kopi internasional dan yang dijual di jalanan di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berencana Ekspansi ke Luar Negeri

Kopi Kenangan kini memiliki 324 kedai di Indonesia dan berusaha mencapai 500 kedai pada akhir 2020.

Kopi Kenangan kini mempekerjakan 3.000 orang karyawan dan menyebut perusahaannya merupakan bisnis "ritel baru". Para konsumen bisa memesan lewat aplikasi dan mengambilnya di kedai atau memilih opsi pengiriman.

Perusahaan berhasil melesat naik di kalangan investor, meski di tengah tekanan ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini.

Bahkan Kopi Kenangan pun berencana memperluas bisnisnya ke Thailand, Filipina, dan Malaysia setelah pandemi usai.

3 dari 3 halaman

Pernah dapat Investasi dari Jay-Z dan Serena Williams

Modal Kopi Kenangan berasal dari investasi perusahaan modal ventura asal Indonesia, Alpha JWC Venture, dengan nilai USD 8 juta pada 2018 lalu.

Dalam perjalanannya, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan seri A dengan nilai USD 20 juta pada Juni 2019 dari Sequoia Capital.

Enam bulan kemudian, Kopi Kenangan kembali mendapatkan pendanaan (masih dalam putaran seri A) dari perusahaan modal milik penyanyi Jay-Z, pemain basket Caris LeVert, dan Jonathan Neman, serta pemain tenis Serena Williams melalui firmanya Serena Ventures.

VP Sequoia Capital Singapura Rohit Agarwal mengatakan, "Bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang berpeluang menggaet konsumen terbesar di Asia Tenggara, dan Kopi Kenangan membangun identitasnya dengan sangat autentik dan menarik di antara jutaan orang Indonesia."

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini