Sukses

Saturnus, Jupiter, dan Bulan Terlihat Sejajar dari Bumi

Pada Selasa (12 Mei), bulan akan terlihat bersama Jupiter di konstelasi Sagitarius. Rabu (13 Mei), bulan akan terlihat bersama Saturnus di rasi bintang Capricorn.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan, Saturnus, dan Jupiter sempat terlihat sejajar satu sama lain dari Bumi pada 13 Mei 2020.

Mengutip Space.com, Rabu (13/5/2020), selama beberapa hari ke depan, Bulan juga akan terlihat bersama dengan sejumlah rasi bintang.

Misalnya pada Selasa (12 Mei), bulan akan terlihat bersama Jupiter di konstelasi Sagitarius. Selanjutnya pada Rabu (13 Mei) bulan akan terlihat bersama Saturnus di rasi bintang Capricorn.

Berdasarkan laman In-The-Sky.org, dari langit Jakarta, Bulan dan Jupiter terlihat pada langit sejak pukul 22.50 dan puncaknya pada pukul 04.29 (Rabu pagi).

Jika dilihat dengan teleskop, keduanya telihat sangat jauh satu sama lain, namun kita bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. Sejumlah foto hasil jepretan warganet diunggah ke media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih akan Terlihat

Saturnus juga akan terlihat bersama bulan pada hari yang sama, tetapi tidak sampai pukul 2.11 malam. Ketika bulan dan Saturnus berada di jarak paling dekatnya, bulan terletak 2,6 derajat di sebelah selatan Saturnus.

Berdasarkan laman timeanddate.com, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, Jupiter dan Saturnus masih dapat dilihat dalam beberapa waktu ke depan.

3 dari 3 halaman

Mars akan Terlihat dari Bumi

Tidak hanya Saturnus dan Jupiter, Mars juga bisa terlihat dari Bumi pada minggu ini. Masih berdasarkan Space.com, Mars akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada Kamis malam.

Planet Merah akan terlihat bersamaan dengan bulan pada Kamis 14 Mei malam atau Jumat 15 Mei dini hari. Saat itu, Mars akan terlihat di rasi bintang Aquarius.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini