Sukses

Telkomsel Sediakan Solusi IoT untuk Dukung PMI Tangani Covid-19

Solusi-solusi IoT ini dipakai untuk membantu PMI menerapkan physical distancing dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu boks berisi plasma darah pada penanggulangan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel bersama PMI mengumumkan kolaborasi dalam menanggulangi wabah Covid-19.

Pada program operasi penanganan dan pencegahan Covid-19, Telkomsel dipercaya menyediakan solusi IoT FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS), dan Asset Performance Management (APM).

Solusi-solusi IoT ini dipakai untuk membantu PMI menerapkan physical distancing dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu boks berisi plasma darah pada penanggulangan Covid-19.

Operasi penanganan dan pencegahan Covid-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

Program tersebut telah berjalan di berbagai daerah sejak Maret lalu. PMI menjadwalkan program ini dilaksanakan selama enam bulan hingga September mendatang di 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, kolaborasi bersama PMI akan memperkuat upaya kolektif dalam menangani Covid-19, melalui teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Kurangi Interaksi saat Physical Distancing

"Inisiatif ini membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia terutama ketika pembatasan fisik sangat diperlukan, sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan," kata Setyanto, dalam keterangan resmi Telkomsel, Selasa (12/5/2020).

Setyanto mengatakan, Telkomsel berkomitmen menjalankan peran sebagai digital telco company dengan menyediakan solusi-solusi digital yang bisa membantu penanggulangan pandemi Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengatakan, peran teknologi sangat membantu masyarakat dan lembaga dalam menangani penanganan virus corona.

"Dengan adanya teknologi ini, diharapkan bisa membantu PMI, terutama dalam manajemen kendaraan dan manajemen kegiatan operasional," kata Sudirman.

3 dari 3 halaman

Tentang Solusi IoT dari Telkomsel

Sekadar informasi, layanan APM berfungsi memonitor suhu boks berisi plasma darah yang dikirimkan dari unit donor darah PMI ke rumah sakit di wilayah Jabodetabek.

Penyediaan solusi meliputi pemberian perangkat yang dibutuhkan, lisensi aplikasi FleetSight, TOMS, dan APM, serta konektivitas data untuk mengakses aplikasi.

Sementara, FleetSight merupakan solusi pengelolaan armada kendaraan. Solusi ini dipakai untuk mengawasi 30 truk tangki dalam program penanganan Covid-19. Pada implementasinya, solusi ini merekam informasi seperti pemilihan rute, jam operasional, perilaku pengemudi, hingga kecepatan.

Nantinya, solusi ini memberikan informasi real-time jika ada pelanggaran operasional. Misalnya ketika kecepatan melewati batas, kendaraan beroperasi di luar jadwal, atau rute tidak sesuai.

Terakhir, layanan TOMS merupakan solusi pengelolaan aktivitas operasional. Layanan ini dipakai untuk memantau tiap kendaraan yang digunakan PMI untuk penyemprotan disinfektan.

Solusi ini akan melakukan penjadwalan kendaraan hingga laporan operasionalnya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.