Sukses

Tanya Tekno: Amankah Pemakaian Charger 2A pada Handphone yang Biasa Memakai Charger 1A?

Apakan aman, bila charger 2A digunakan pada handphone yang biasa menggunakan charger 1A?

Liputan6.com, Jakarta - Halo, selamat siang!

Saya pengen bertanya seputar charger untuk handphone. Apa sih perbedaan charger 1A dengan 2A?

Lalu apakan aman, bila charger 2A digunakan pada handphone yang biasa menggunakan charger 1A?

Terima kasih

Nandar Ramdani di Ciamis, Jawa Barat

---

Halo, Nandar

Terima kasih atas pertanyaannya.

Perbadaan charger 2A dan 1A terletak pada arus yg dihasilkan oleh charger tersebut. Arus dalam charger dilambangkan dengan "A", yaitu Ampere.

Misalnya, charger mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

Output 5V 1A

Charger tersebut mempunyai tegangan 5V dengan arus yg dihasilkan sebesar 1A dengan besaran daya 5W (Watt). Daya (W) itu didapat dari penghitungan tegangan (V) dikalikan dengan arus (A).

Nah, bagaimana jika daya perangkat elektronik yang biasa kita gunakan, diisi ulang dengan charger yang lebih besar dayanya?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekurangan dan kelebihan

Di sini ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, proses mengisi ulang daya menjadi jauh lebih cepat. Namun perlu ditekankan, ini harus didukung oleh charger yang baik pula.

Kekurangannya, apabila charger yang dayanya lebih besar berkualitas jelek, ini berpotensi menimbulkan tegangan yang tidak stabil. Akibatnya, beberapa komponen pada perangkat elektronik akan mengalami kerusakan,

Untuk handphone, memang alangkah baiknya kita menggunakan charger bawaan atau orisinal. Namun bila charger bawaan hilang atau rusak, kita bisa membeli charger aftermarket yang memiliki kualitas bagus seperti Aukey dan Baseus.

3 dari 3 halaman

Kirim pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, Technical Strategy di Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan pada layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini