Sukses

Qualcomm Luncurkan Prosesor Snapdragon 768G

Qualcomm mengklaim, Snapdragon 768G dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain gim yang lebih imersif dengan dukungan koneksi 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab permintaan jaringan 5G yang semakin tumbuh di berbagai negara di dunia, Qualcomm baru saja mengumumkan seri prosesor terbaru mereka, yakni Snapdragon 768G Mobile Platform.

Pengumuman ini cukup mengejutkan, mengingat vendor smartphone masih baru mulai merilis smartphone mereka yang menggunakan prosesor Snapdragon 765.

Walau begitu, hal tersebut tidak menghentikan Qualcomm meluncurkan seri update Snapdragon 765 yang menawarkan peningkatan dalam performa CPU dan GPU.

Informasi, Snapdragon 765G pertama kali diumumkan perusahaan pada Desember 2019 bersamaan dengan versi standar Snapdragon 765 dan Snapdragon 865.

Dikutip dari keterangan resminya, Senin (11/5/2020), Snapdragon 768G dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain gim yang lebih imersif dengan dukungan koneksi 5G.

Tak hanya itu, prosesor baru Qualcomm ini juga sudah mendukung on-device AI yang canggih dan fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming tertentu.

"Kami berada di posisi untuk mempercepat komersialisasi 5G dalam skala besar, dan Snapdragon 768G merupakan solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut," ucap Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Snapdragon 765G dan 768G

Qualcomm memperkenalkan Snapdragon seri 7 yang terintegrasi dengan modem 5G (sumber: Qualcomm)

Dibanding Snapdragon 765G, Snapdragon 768G menawarkan berbagai perbaikan performa sebagai berikut:

- Prime core utama dari CPU Qualcomm® KryoTM 475 memiliki clock speed hingga 2,8GHz (meningkat dari 2,4 GHz)

- GPU Qualcomm® AdrenoTM 620 menawarkan peningkatan performa hingga 15 persen

- Mendukung Adreno Updateable GPU Drivers

Selain berbagai peningkatan performa, Snapdragon 768G juga dirancang untuk memberikan performa gaming yang superior, konektivitas 5G, dan kemampuan-kemampuan multi kamera yang pintar, serta di saat yang sama tetap menjaga konsumsi daya baterai.

Pengumuman Snapdragon 768G terbaru hari ini juga seiring dengan peluncuran Redmi K305G Racing Edition, ponsel pertama yang menggunakan platform ini dan mendukung 5GSA/NSA dual-mode, 120Hz display dan 64MP kamera.

3 dari 3 halaman

Qualcomm dan Tencent Bakal Garap Gaming Smartphone 5G

Snapdragon 8cx. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Sebelumnya,Qualcomm dan perusahaan teknologi Tiongkok Tencent juga telah mengumumkan kemitraan strategis.

Melalui kemitraan itu, gim garapan Tencent akan dapat dimainkan lebih baik di perangkat yang menggunakan chipset Qualcomm. Selain itu, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (31/7/2019), kemitraan ini juga termasuk pada proyek gaming smartphone 5G.

"Mobile gaming, yang merupakan contoh penting penggunaan 5G, akan segera mengambil keuntungan dari konektivitas generasi berikutnya," kata Frank Meng, chairman Qualcomm Tiongkok dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, menurut Frank, "Koneksi lebih cepat, pita lebar lebih banyak, dan latensi ultra rendah akan mendukung pengalaman gaming secara real-time, multipemain dan mendalam."

Proyek gaming smartphone 5G ini bisa dibilang tindak lanjut atas kemitraan sebelumnya. Beberapa waktu lalu, Tencent menggandeng Asus memperkenalkan ROG Phone II. Gaming smartphone tersebut menggunakan chipset Snapdragon 855 Plus dari Qualcom.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini