Rayakan 30 Tahun di Angkasa, Teleskop Hubble Rilis Foto Galaksi Cantik

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 28 Apr 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 06:30 WIB
Galaksi Large Magellanic Cloud

Liputan6.com, Jakarta - Teleskop angkasa Hubble merayakan 30 tahun usianya di luar angkasa.

Untuk merayakan momen bermakna teleskop Hubble, tim peneliti di balik Hubble pun merilis sebuah foto yang memperlihatkan dua nebula di galaksi Large Magellanic Cloud alias Awan Magellan Besar.

Galaxy Large Magellanic Cloud merupakan galaksi berukuran lebih kecil dan terletak 163.000 tahun cahaya dari Galaksi Bima Sakti.

Ada dua nebula yang terlihat dalam foto tersebut. Menurut NASA, Nebula besar berwarna oranye kemerahan adalah NGC 2014. Pada bagian dalamnya ada bintang yang tampak terang ukurannya 10-20 kali lebih besar dari Matahari.

Kemudian, nebula yang berwarna biru, yakni NGC 2020, terbentuk ketika sebuah bintang berukuran 200.000 kali Matahari mengeluarkan sejumlah besar gas. Demikian sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Selasa (28/4/2020).

Para peneliti berpikiran bahwa foto tersebut mirip dengan terumbu karang dan digadang-gadang bernama Cosmic Reef.

2 dari 3 halaman

Perubahan Bertahap hingga Jadi Canggih

Teleskop Hubble (sumber: NASA)
Teleskop Hubble (sumber: NASA)

"Ini adalah hasil teropongan Hubble yang sangat indah dari orbitnya yang ada di atas atmosfer Bumi. Kehadiran Hubble bisa membuat kita melihat sekilas keindahan dan aktivitas luar biasa semacam ini," kata Ilmuwan Senior di Project Hubble Jennifer Wiseman.

Kendati demikian, 30 tahun lalu, ketika baru diluncurkan, teleskop Hubble belum terbentuk sebaik saat ini.

"Ketidaksempurnaan kecil di cerminnya membuat semua gambar yang diambil kabar dan tidak fokus. Dibutuhkan lima misi perbaikan terpisah untuk sampai di bentuk luar biasa seperti sekarang ini," kata salah satu ilmuwan Project Hubble Sean O'Kane saat peringatan 25 tahun Hubble.

3 dari 3 halaman

Langkah Revolusioner

Teleskop Hubble Bertahan Hingga 25 Tahun
Setelah 25 tahun lamanya, teleksop Hubble masih memberikan kejutan-kejutan kepada manusia.

Associate Administrator bidang Sains di NASA Thomas Zurbuchen dalam keterangannya mengatakan, keputusan meluncurkan teleskop Hubble 30 tahun lalu merupakan langkah revolusioner.

"Pembangkit tenaga astronomi ini masih memberikan ilmu revolusioner hingga saat ini," kata Zurbuchen.

Ia menambahkan, pantauan spektakulernya telah menangkap sejumlah gambar selama beberapa dekade ini dan akan terus menginspirasi umat manusia selama bertahun-tahun mendatang.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓