Sukses

Facebook Umumkan Messenger Kids untuk Anak-Anak Indonesia

Facebook baru saja mengumumkan anak-anak di Indonesia kini bisa menggunakan layanan Messenger Kids untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan telah menghadirkan aplikasi Messenger Kids untuk pengguna di Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan Facebook Messenger yang ditujukan untuk anak-anak.

"Messenger Kids pada dasarnya adalah aplikasi chatting dan video call yang ditujukan untuk anak-anak," tutur Director of Product Management Facebook Morgan Brown.

Morgan mengatakan aplikasi ini sebenarnya sudah rilis sejak dua tahun lalu. Namun baru tahun ini diperluas kehadirannya ke 70 negara, termasuk Indonesia.

Menurut Morgan, keputusan Facebook menghadirkan Messenger Kids ke lebih banyak negara saat ini tidak lepas dari misi perusahaan untuk menghubungkan semua orang.

Di samping itu, dengan kondisi pandemi saat ini permintaan layanan yang menghubungkan orang satu sama lain makin tinggi, termasuk anak-anak. Sebab ada imbauan untuk melakukan lebih banyak aktivitas di dalam rumah.

"Dengan situasi pandemi saat ini, kebutuhan itu meningkat. Akhirnya, Facebook memutuskan untuk menghadirkan Messenger Kids ke beberapa negara, termasuk Indonesia," tutur Morgan menjelaskan.

Lebih lanjut dia mengatakan, Facebook ingin membantu anak-anak terhubung dengan teman-teman yang biasanya ditemui di sekolah lewat Messenger Kids. Selain berkomunikasi, mereka juga dapat melakukan aktivitas bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Facebook dengan Ahli dan Orangtua

Morgan menuturkan dalam pengembangan Messenger Kids, Facebook dibantu tim Youth Advisor internal perusahaan yang berisi ahli keamanan online dan pengembangan anak, termasuk berdiskusi dengan para orangtua.

"Lewat Messenger Kids, kami ingin memberikan akses teknologi yang aman dan nyaman pada anak-anak, tapi tetap ada pemantauan orangtua di dalamnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, layanan Messenger Kids harus diatur pembuatannya langsung oleh orangtua. Nantinya, orangtua juga dapat memantau aktivitas anaknya saat berkomunikasi di aplikasi ini.

Facebook juga memastikan tidak akan ada iklan di aplikasi Messenger Kids. Informasi tentang penggunanya pun tidak akan dipakai untuk keperluan iklan.

Aplikasi Messenger Kids kini sudah dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store. Sebagai informasi, akan ada sejumlah fitur baru yang akan hadir di aplikasi ini dalam beberapa bulan ke depan.

3 dari 3 halaman

Cara Memulai Messenger Kids

Untuk mengetahui seperti apa cara memulai Messenger Kids, berikut ini langkah-langkahnya: 

1. Unduh Messenger Kids di perangkat anak.

2. Setelahnya, lakukan otentikasi perangkat anak dengan akun Facebook orangtua. Facebook memastikan langkah ini bukan berarti orangtua perlu membuat akun Facebook untuk sang anak.

3. Langkah selanjutnya adalah membuat akun anak dengan memasukkan nama. Orangtua juga dapat mengatur sejumlah fitur tambahan. Lalu, anak dapat mulai berkomunikasi dengan orang lain.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini