Sukses

Dukung Penanganan Covid-19, Telkomtelstra Gratiskan Akses Pembelajaran Digital dari Rumah

Telkomtelstra memberikan solusi pembelajaran digital gratis untuk mendukung kegiatan belajar di rumah, sebagai bentuk dukungan perusahaan untuk memberantas rantai penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan patungan Telkom dan Telstra, Telkomtelstra, memberikan solusi pembelajaran digital gratis untuk mendukung kegiatan belajar di rumah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perusahaan untuk memberantas rantai penyebaran Covid-19.

Chief of Products and Services Officer Telkomtelstra, Agus F. Abdillah, mengatakan, pendidikan digital menjadi satu-satunya pilihan selama wabah virus corona.

Solusi layanan gratis ini bakal diberikan selama situasi darurat atas Covid-19 berlangsung. Dalam hal ini, Telkomtelstra memberikan solusi komunikasi terpadu Teams yang memanfaatkan teknologi Microsoft.

Solusi Microsoft Teams ini memiliki sejumlah fitur yang sepenuhnya mendukung pembelajaran digital.

"Solusi teknologi Telkomtelstra siap berfungsi untuk mendukung kontinuitas pendidikan masyarakat di Indonesia, dengan berbagai fitur yang sepenuhnya mendukung pembelajaran di rumah secara digital," kata Agus, dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (20/4/2020).

Solusi Teams Telkomtelstra dapat memberikan fleksibilitas bagi guru dan pendidik dalam berkomunikasi di satu kelas ataupun lintas kelas, baik di sekolah maupun universitas.

Teams juga dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran virtual melalui konferensi video serta menyediakan fitur diskusi baik secara grup ataupun satu per satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Fitur Kolaborasi

Dengan solusi ini, pendidik dapat melakukan sesi pengajaran langsung terkait topik kelas dan menggunakan beberapa fitur kolaborasi untuk membagikan materi pendidikan dalam bentuk teks atau video kepada siswa. 

Selain itu, mereka dapat melihat daftar hadir siswa yang menghadiri sesi pembelajaran melalui pertemuan Teams dan memonitor kemajuan mereka dalam pekerjaan sehari-hari menggunakan fitur Assignment.

Tidak hanya untuk tujuan pengajaran, dalam hal perspektif siswa, Solusi Teams Telkomtelstra dapat memberdayakan pelajar untuk meningkatkan produktivitasnya meski tetap tinggal di rumah.

Berbagai fitur dapat mendorong siswa untuk tetap belajar secara aktif melalui aktivitas seperti peer tutoring. Fitur ini memungkinkan siswa saling membantu dan belajar, berbagi catatan dan materi pembelajaran, diskusi dengan guru, serta membuat kelompok studi kolaboratif.

“Dalam situasi Covid-19 di mana para pendidik terpaksa tinggal di rumah, Telkomtelstra ingin menjangkau dan mendorong semua jenis pendidikan di seluruh Indonesia untuk mempertahankan kegiatan belajar-mengajar dan bekerja secara digital selama masa krisis ini," kata Agus.

3 dari 3 halaman

Solusi Teams Gratis untuk Perusahaan

Ia berharap, dengan dibukanya akses gratis ke Solusi Teams Telkomtelstra ke semua lembaga pendidikan, semua guru dan pendidik bisa menerapkan pembelajaran virual dengan lancar.

"Sama seperti di ruang kelas, pendidik dapat menggunakan aplikasi dan fungsi dari Solusi Teams Telkomtelstra untuk mendukung siswa agar dapat melakukan aktivitas pembelajaran terbaik," ujar Agus.

Sebelumnya, untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam menjaga jarak fisik, Telkomtelstra juga telah menyediakan solusi Teams untuk bisnis secara gratis selama 6 bulan bagi perusahaan Indonesia guna mempertahankan produktivitas saat bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Dengan platform gratis ini, perusahaan di Indonesia akan mendapatkan penyimpanan file online, fitur berbagi dokumen, fitur menulis bersama (co-authoring), chat, rapat online, serta integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Solusi Teams dengan teknologi dari Microsoft juga menawarkan berbagai kontrol privasi dan keamanan yang memungkinkan penggunanya untuk  mengelola siapa yang berpartisipasi dalam rapat dan siapa yang memiliki akses ke informasi di rapat tersebut.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini