Sukses

Pendiri Instagram Garap Situs Pelacakan Covid-19

Dua pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger baru saja mengumumkan telah bekerja sama dalam proyek situs baru untuk memantau penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger baru saja mengumumkan telah kembali bekerja sama dalam proyek terbaru. Namun proyek baru ini bukan media sosial, melainkan situs pelacakan Covid-19.

Dikutip dari Engadget, Senin (20/4/2020), keduanya baru saja meluncurkan situs yang diberi nama Rt.live. Situs ini hadir untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 di Amerika Serikat.

Menurut Mike, proyek ini mengambil pendekatan sistem open source yang dibuat Kevin. Adapun metode yang digunakan adalah menghitung jumlah rata-rata orang terinfeksi dari orang terinfeksi lainnya atau lebih dikenal sebagai Rt.

Perhitungan itu lantas dipantau setiap hari untuk menunjukkan seberapa baik kondisi sebuah wilayah. Sistem ini menggunakan skala perhitungan dengan angka 1 sebagai patokan.

Mike mengatakan semakin tinggi nilai atau jauh di atas 1, berarti penyebaran Covid-19 di wilayah itu lebih cepat. Sementara wilayah dengan nilai di bawah 1 menunjukkan penurunan penyebaran.

Tidak hanya itu, situs ini juga memudahkan pengunjung membaca informasi dengan menyajikan beberapa filter, mulai dari wilayah, informasi terbaru, atau lokasi shelter yang dipilih.

Untuk diketahui, situs ini hanya ditujukan untuk wilayah yang terdampak di Amerika Serikat. Karenanya, informasi yang ditampilkan berasal dari negara bagian di Amerika Serikat.

Informasi, sistem Rt.live ini sebenarnya dikembangkan Kevin dari apa yang sudah dilakukannya di Instagram. Dengan metode yang kurang lebih sama, dia melakukan studi tentang hal-hal viral untuk mendorong pertumbuhan Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Hadirkan Stiker Khusus Sebagai Apresiasi Garda Terdepan Perangi Corona

Terlepas dari upaya kedua pendirinya, Instagram sendiri menambahkan sebuah stiker baru pada galeri stiker di fitur Instagram Stories.

Stiker terbaru yang diberikan Instagram bertuliskan ucapan "Terima Kasih" dan bisa dipakai oleh pengguna Instagram per Senin (13/4/2020). Total, ada tiga jenis desain stiker Terima Kasih yang bisa dipakai pengguna.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, kehadiran stiker Terima Kasih ini terkait apresiasi terhadap sejumlah profesi yang menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi Covid-19.

"Ada profesi tertentu memegang peranan penting dan selalu berada di garda terdepan memerangi pandemi dan bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk menjaga keselamatan dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia," kata Instagram dalam keterangannya.

Lewat stiker Terima Kasih ini, Instagram ingin membantu pengguna mewujudkan dukungan dan rasa terima kasih kepada pahlawan di masa sulit ini.

Misalnya kepada petugas medis, pemerintah, polisi, pengemudi ojol, petugas di layanan perbankan, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Stiker Terima Kasih

Begini cara memakai stiker Terima Kasih di Instagram Stories:

1. Buka Stories dengan menggulirkan layar ke kanan di halaman utama atau tekan ikon kamera di sudut kiri atas layar.

2. Ambil foto atau video yang ingin Anda bagikan di Stories.

3. Buka galeri stiker dengan menekan ikon smiley berbentuk kotak di sudut kanan atas layar Stories Anda.

4. Anda akan melihat stiker ‘Waktunya Berterima Kasih’ di barisan atas galeri stiker. Anda dapat menekan stiker tersebut untuk mengganti desain stiker yang Anda ingini

5. Hias Stories sesuai kreativitas dan cerita pribadi Anda, kemudian bagikan Stories tersebut dengan para pengikut Anda.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini