Menkominfo Jamin Aman, Aplikasi PeduliLindungi Sudah Diunduh 1,9 Juta Kali

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 18 Apr 2020, 16:24 WIB
Diperbarui 18 Apr 2020, 16:24 WIB
Menkominfo Johnny G.Plate
Perbesar
Menkominfo Johnny G.Plate memastikan aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang aman dan pihaknya telah melindungi data pribadi pengguna lewat Keputusan Menkominfo No.171 Tahun 2020 (Foto: Screenshot konferensi pers online BNPB)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan aplikasi PeduliLindungi yang digunakan pemerintah untuk memutus Covid-19 merupakan aplikasi yang aman.

Johnny menekankan, aplikasi ini tidak akan mengambil dan memanfaatkan data pribadi para penggunanya.

"Aplikasi ini adalah aplikasi yang aman. Kami telah menerbitkan surat Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171/2020 yang menetapkan bahwa PeduliLindungi merupakan aplikasi yang aman," kata Johnny dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta, yang ditayangkan secara livestreaming, Sabtu (18/4/2020).

Sesuai keputusan menteri itu, Johnny memaparkan bahwa data-data terkait dengan data pribadi terkait aplikasi PeduliLindungi telah dilindungi.

"Kami tugaskan dan wajibkan semua pihak yang mengelola aplikasi ini untuk lakukan pembersihan, hapus seluruh data nanti setelah kondisi darurat ini berakhir," kata politisi Partai Nasdem itu.

Johnny mendengar ada pihak-pihak yang menyebut aplikasi PeduliLindungi tidak aman. Menjawab hal tersebut, Johnny meyakinkan aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang aman.

2 dari 3 halaman

Diunduh 1,9 Juta Kali

Presentasi PeduliLindungi
Perbesar
Jumlah unduhan aplikasi PeduliLindungi (Foto: Screenshot konferensi pers online BNPB)

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, aplikasi PeduliLindungi sudah diunduh sebanyak 1.915.874 kali. Aplikasi ini juga sudah ada di Google Play Store maupun App Store Apple.

Untuk itu, Johnny mengajak kepada para aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, pejabat BUMN dan perusahaan, serta seluruh selebritas ataupun selebgram untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan mengajak para pengikutnya untuk ikut mengunduh dan menginstal juga.

"Kami minta masyarakat untuk instal atau unduh, terutama ke ASN, TNI, Polri, pejabat dan pegawai BUMN untuk mengambil inisiatif (mengunduh aplikasi). Kami juga mengajak kepada selebritas dan selebgram Indonesia untuk mengajak pengikut dan penggemar menginstal aplikasi PeduliLindungi," kata Johnny.

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan, PeduliLindungi merupakan aplikasi yang bertujuan untuk melindungi masyarakat Indonesia untuk tidak tertular Covid-19.

3 dari 3 halaman

Tentang PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi
Perbesar
Aplikasi PeduliLindungi. Dok: play.google.com

PeduliLindungi merupakan aplikasi tracing danĀ tracking yang dapat mendeteksi pergerakan pengguna yang terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang.

Aplikasi PeduliLindungi juga dapat terhubung dengan operator selular lain untuk menghasilkan visualisasi yang sama.

Nantinya, berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor telepon di sekitar penderita Covid-19 yang terdeteksi, akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol kesehatan.

Aplikasi ini juga digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

Berdasarkan implementasi di lapangan, smartphone yang sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi bakal mendapatkan notifikasi saat pengguna berada di sekitar orang terpapar Covid-19.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓