Vendor Smartphone Advan Bikin Termometer Infrared untuk Bantu Tangani Covid-19

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 18 Apr 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2020, 16:00 WIB
Advan Thermo Gun
Perbesar
Termometer infrared Advan yang mampu mengukur suhu badan hanya dalam waktu satu detik. (Foto: Advan)

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone lokal Advan membuat produk Advan Infrared Thermometer atau termometer infrared. Pembuatan produk ini dilakukan melalui sister company Advan, PT Intech Surya Abadi yang bergerak di bidang industri makro.

Tujuan Advan membuat produk ini adalah sebagai salah satu updaya untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Advan menyebut, produk ini telah memiliki izin resmi dan Kementerian Kesehatan. Produk ini diklaim memiliki tingkat akurasi tinggi dalam mendeteksi suhu badan.

CEO Advan Chandra Tansri mengatakan, produk Advan Infrared Thermometer ini menawarkan kecepatan dan akurasi dalam mengukur suhu tubuh.

"Kami berkomitmen membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, produk Advan Infrared Thermometer ini telah terdaftar di Kemenkes dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau," kata Chandra, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (18/4/2020).

Advan menyebut, termometer infrared tersebut telah mengantongi CE Sertifikasi berstandar Eropa yang menjamin keamanan produk dalam penggunaan sehari-hari dan tidak membahayakan lingkungan.

2 dari 3 halaman

Deteksi Suhu Tubuh dalam Waktu 1 Detik

Advan
Perbesar
Chandra Tansri, Direktur Operasional Advan. (Liputan6.com/ Mochamad Wahyu Hidayat)

Termometer Advan ini mampu mendeteksi suhu badan hanya dalam waktu satu detik saja (fast reading 1 second). Perangkat ini juga memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Perbandingan dengan thermometer konvensional, Thermo Gun Advan memiliki akurasi tepat 0,2º. Demikian berdasarkan hasil uji sebanyak 20x secara terus menerus.

ADVAN Infrared Thermometer tidak membutuhkan kontak langsung (non contact) ke tubuh. Teknologi inframerah yang digunakannya pun cukup aman, dengan jarak ukur 1-4cm saja.

Untuk hasil pengukuran, ADVAN Thermo Gun menawarkan fleksibilitas melalui dua pilihan mode yakni ºC (Celcius) atau ºF (Fahrenheit).

3 dari 3 halaman

Harganya Rp 1,5 Juta

Tablet Advan
Perbesar
Advan merilis tablet Advan Tab 8 yang mendukung siswa untuk tetap belajar di rumah. (Foto: Advan).

Selain itu, perangkat ini juga mampu menyimpan hasil pengukuran hingga 20 data.

Termometer ini juga menghadirkan fitur alarm yang akan berbunyi otomatis jika mendeteksi suhu badan di atas normal. Thermo Gun ini, menurut Advan, bisa dipakai di rumah, kantor, atau fasilitas publik dengan penggunaan hingga 20.000 kali.

Advan memberikan jaminan garansi hingga 6 bulan. Pengguna bisa membeli di toko resmi Advan di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Bukalapak.

Harga yang ditawarkan adalah Rp 1,5 juta dari harga normal Rp 1,7 juta.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓