Sukses

Imbas Covid-19, Lebih dari 150 Universitas Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru via Aplikasi

Untar, Ubaya, dan 150 kampus lainnya mengambil inisiatif mentransformasikan sistem pendaftaran mahasiswa baru memakai aplikasi goKampus.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak negatif pada industri, tetapi juga pada sektor pendidikan di Indonesia.

Siswa SMA, selain harus melakukan kegiatan pembelajaran di rumah tanpa tatap muka dengan guru, mereka juga menghadapi tantangan saat mendaftar perguruan tinggi di tengah peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah lulusan SMA dan SMK yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih di bawah 60 persen setiap tahunnya.

Dampak pandemi diprediksi bisa membuat jumlah mahasiswa baru menurun tahun ini. Sebagai solusi, seratusan universitas di Tanah Air telah meluncurkan solusi pendaftaran kuliah instan lewat aplikasi mobile.

Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Surabaya (Ubaya), dan 150 kampus lainnya pun mengambil inisiatif mentransformasikan sistem pendaftaran memakai aplikasi goKampus agar calon mahasiswa lebih mudah dan nyaman dalam melakukan proses pendaftaran.

Dengan goKampus, mahasiswa baru dari Untar dan Ubaya bisa mendaftar, mengelola status kemahasiswaan, sampai berkesempatan untuk mendapatkan dana pendidikan yang membantu meringankan biaya kuliah.

Calon mahasiswa cukup upload atau mengambil foto rapor, lalu akan diverifikasi melalui sistem goKampus. Mereka yang belum memiliki foto cetak 3x4 juga bisa mendaftar dengan menggunakan foto selfie di smartphone.

Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H., Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara mengatakan 2020 adalah tahun yang unik bagi penyelenggara perguruan tinggi.

"Bagi penyelenggara perguruan tinggi, tahun 2020 adalah tahun yang unik, di mana universitas dituntut beradaptasi dan harus tetap menjamin kelangsungan pendidikannya di tengah pandemi Covid-19 yang mendunia,” ujar Gunardi melalui keterangannya, Jumat (17/4/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Tambahan

Oleh karena itu, kepada generasi muda sebagai generasi Z yang selalu menghabiskan waktu dengan gadget-nya, pendaftaran mahasiswa baru melalui aplikasi mobile adalah satu-satunya solusi yang dapat dilakukan.

"Kami, Universitas Tarumanagara senang dapat bekerjasama dengan tim goKampus yang menyediakan solusi tersebut dan dalam waktu yang sangat cepat merespons kebutuhan generasi Z,” ucap Gunardi memungkaskan.

Satu fitur tambahan yang juga diluncurkan berbagai universitas bersama goKampus adalah Instant Approval, di mana calon mahasiswa yang mendaftar cukup upload rapor di aplikasi mobile.

Dengan fitur ini mereka langsung menerima keputusan penerimaan dari universitas melalui aplikasi goKampus dalam waktu satu jam, berbeda dengan cara biasa yang butuh waktu tunggu berminggu-minggu.

Fitur Instant Approval juga memberikan manfaat tambahan yakni biaya pendaftaran gratis, sehingga calon mahasiswa tidak lagi diwajibkan membayar formulir pendaftaran untuk setiap submisi.

Nathanael Santoso, CEO goKampus, menuturkan fitur Instant Approval merupakan transformasi digital yang konkret untuk pendaftaran kuliah paling cepat dan paling murah di Indonesia.

"Lewat goKampus, siswa bisa mendapatkan layanan perkuliahan digital, mulai dari pendaftaran banyak universitas hanya dalam satu kali proses, mendapat beasiswa, mengurus kegiatan kampus, sampai mendapat magang dan kerja setelah lulus kuliah," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Digunakan 140 Ribu Siswa

Secara total, sudah lebih dari 140 ribu siswa yang menggunakan fitur goKampus untuk berbagai keperluan kemahasiswaan. Fitur Instant Approval pun mendapat sambutan hangat di masa pandemi.

Hingga kini, sudah lebih dari 4.000 siswa mendaftar kuliah menggunakan fitur Instant Approval lewat goKampus versi aplikasi mobile.

Pihak goKampus mengklaim siap membantu semua perguruan tinggi Indonesia memberikan dampak nyata bagi mahasiswa baru dengan menyediakan kemudahan akses pendidikan lewat aplikasi mobile dan fitur Instant Approval.

goKampus sendiri dapat diakses baik melalui situs web desktop maupun aplikasi Android dan iOS.

(Isk/Ysl)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.