Grab Gelar Rapid dan PCR Test Covid-19 Gratis untuk Pengemudi dan Tenaga Kesehatan

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Apr 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 17 Apr 2020, 10:00 WIB
Rapid Test Grab

Liputan6.com, Jakarta - GrabHealth yang didukung platform kesehatan digital Indonesia Good Doctor menggelar rapid test dan PCR test Covid-19 bagi tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab.

Fase pertama pengetesan Covid-19 ini digelar per Rabu, 15 April 2020 kepada 1.000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi/pengantaran Grab. Mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test akan menjalani pengujian PCR.

Tes ini diberikan secara gratis oleh GrabHealth dan Good Doctor. Keduanya akan memperluas penyediaan jumlah tes gratis ini di fase mendatang.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengatakan, sejak ditunjuk jadi mitra resmi pemerintah untuk ikut memerangi Covid-19, pihaknya telah meningkatkan kapasitas pelayanan hingga empat kali lipat.

Baik itu dalam bentu tanya jawab online, edukasi Covid-19, hingga layanan screening risiko melalui telekonsultasi.

"Kami ingin berkontribusi sesuai kebutuhan. Kami memperluas layanan dalam penyediaan rapid dan PCR test gratis untuk mereka yang paling membutuhkan yaitu tenaga kesehatan dan mitra pengemudi," kata Danu.

2 dari 3 halaman

Diselenggarakan di Jakarta

Rapid Test Grab
Grab dan Good Doctor menjalankan rapid tes dan PCR test Covid-19 untuk mitra pengemudi dan tenaga kesehatan (Foto: Grab Indonesia)

Grab dan Good Doctor menyediakan rapid test ini untuk mitra pengemudi GrabCard dan GrabBike di area Jakarta. Sementara, rapid dan PCR test akan diberikan untuk tenaga kesehatan.

Sebelum ikut tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi bisa masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk konsultasi sebagai screening test. Jika hasil screening memperlihatkan risiko sedang atau tinggi, para peserta bisa mengikuti program rapid dan PCR test.

Teknis rapid test dilakukan secara drive through. Oleh karena itu, renaga kesehatan maupun pengemudi yang ikut tes harus datang ke lokasi membawa kendaraan.

Sementara, PCR test dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang ditentukan.

3 dari 3 halaman

Prioritas Utama

10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu
10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu

Dalam pelaksanaan tes, Good Doctor bekerja sama dengan RS Brawijaya sebagai tim pelaksana, didukung oleh Lab Mikrobiologi Klinik FKUI, RS Haji Jakarta, dan RS Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai penyedia PCR testing bagi tenaga kesehatan.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan keamanan dan kesehatan selalu jadi prioritas utama untuk Grab dibandingkan sebelumnya.

"Grab Indonesia tetap berkomitmen untuk melindungi keselamatan dan kesehatan mitra pengemudi, tim medis, dan pelanggan semaksimal mungkin. Untuk itu, pelaksanaan rapid test dan PCR test ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan Grab Indonesia demi melindungi kesehatan dan keamanan mereka," kata Neneng.

Begitu juga dengan tim medis yang menjadi ujung tombak penanganan Covid-19.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓