Sukses

Jokowi Imbau Masyarakat Berobat Online, 5 Aplikasi Telemedicine ini Bisa Jadi Rujukan

Dengan aplikasi telemedicine, masyarakat tak perlu datang ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk melakukan konsultasi kesehatan (berobat online) nmelalui aplikasi telemedicine.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan pemerintah menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan teknologi penyedia layanan dan aplikasi telemedicine. Dengan demikian, masyarakat tak perlu datang ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi kesehatan.

"Orang tidak perlu bertemu dengan dokter, tidak perlu harus ke rumah sakit, tetapi bisa konsultasi kesehatan lewat (aplikasi) telemedicine," kata Jokowi.

Ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19. Masyarakat, melalui aplikasi telemedicine, dapat berkonsultasi dan mendapatkan resep obat dari dokter tanpa perlu ke klinik atau rumah sakit.

Berikut ini lima (5) aplikasi telemedicine yang ditunjuk pemerintah.

1. KlikDokter dari Kalbe

KlikDokter merupakan anak usaha dari Kalbe. Lewat aplikasi KlikDokter pengguna dapat menghadirkan fitur periksa mandiri gejala Covid-19.

2. Alodokter

Alodokter memiliki chatbot yang mampu menjawab pertanyaan seputar Covid-19. Chabot ini bisa diajak ngobrol lewat situs web resmi Alodokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gojek dan Halodoc

Layanan telemedicine dari Gojek dan Halodoc berfokus pada penanganan pasien Covid-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Di aplikasi Gojek, layanan periksa Covid-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card.

4. Grab dan Good Doctor

Grab dan Good Doctor bermitra dalam menyediakan pemeriksaan gejala Covid-19 di layanan GrabHealth di aplikasi Grab.

Kolaborasi ini diharapkan membantu masyarakat mengetahui indikasi Covid-19, mulai rendah, sedang, hingga tinggi.

 

3 dari 3 halaman

5. SehatQ

Melalui Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi), SehatQ menawarkan layanan telemedicine untuk cek risiko. Layanan ini dapat diakses melalui situs resmi SehatQ.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.