Trik Mainkan YouTube Music Nonpremium di Background Saat Pakai Ponsel

Oleh Yuslianson pada 16 Apr 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2020, 12:00 WIB
Tampilan YouTube Music ketika memutar video
Perbesar
Tampilan YouTube Music ketika memutar video. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun lalu, Google secara resmi merilis layanan YouTube Music dan YouTube Premium mereka untuk pengguna di Indonesia.

Lewat layanan YouTube Music, pengguna dapat mendengarkan beragam jenis genre dan judul lagu favorit masing-masing secara gratis ataupun berlangganan.

Tersedia ribuan playlist lagu, wajar bilamana kamu ingin mendengarkan musik tersebut bermain di background--seperti Spotify--saat sedang menggunakan smartphone.

Sayangnya, kecuali jika kamu berlangganan YouTube Premium atau YouTube Music setiap bulannya, kemampuan untuk mendengar musik dan video di background sangat terbatas.

Walau begitu, kemampuan untuk mendengar lagu favorit di background ini bukan berarti tidak dapat diakali agar dapat dinikmati secara gratis, dikutip dari laman The Verge, Kamis (16/4/2020).

 

2 dari 3 halaman

Buka YouTube Music di Browser

Dengarkan YouTube Music di background. (Liputan.com/ Yuslianson)

Lebih lanjut, pengguna Android lebih mudah mengaplikasikan trik ini di smartphone mereka.

Di perangkat Android, buka aplikasi Chrome dan lanjut ke situs web YouTube Music (harus di browser, bukan apliksi YouTube).

Setelah itu, cari lagu atau playlist favorit yang ingin kamu dengar. Tap tiga titik di kanan atas layar untuk munculkan opsi "Desktop site" dan kasih centang di kotak kecil tersebut.

Kini, kamu akan ditampilkan laman utama YouTube versi desktop PC. Play atau putar ulang lagu yang diinginkan.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Dengarkan Musik Meski Ponsel Terkunci

Ilustrasi YouTube Music. Kredit: Google

Setelah itu, tap tombol "Home" di bawah layar. Di beberapa perangkat, musik yang diputar akan berhenti. Jangan khawatir.

Tarik notifikasi dari atas layar ke bawah. Kamu akan melihat notifikasi lagu yang sedang diputar. Klik tombol play untuk memainkan lagu.

Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba ya sobat Tekno Liputan6.com.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓